Khutbah Jumat Terbaru Singkat : Tujuan Allah SWT Memerintahkan Ibadah Puasa Ramadhan

Khutbah Jumat Terbaru Singkat : Tujuan Allah SWT Memerintahkan Ibadah Puasa Ramadhan | Akan kami sampaikaan contoh khutbah jumat singkat pada sahabat semua, semoga bisa menjadi salah satu referensi untuk bahan-bahan khutbah, agar memudahkan merangkum tema-tema yang akan disampaikan, terutama bagi petugas , atau para khotib tentunya harus variatif, informatif dalam menyampaikan tema khutbah, oleh karena itu blog kang haqie ini bisa dijadikan pilihan oleh sahabat semua untuk sekedar membaca dan merenungkan isi khutbah.

Khutbah Jumat Terbaru Singkat : Tujuan Allah SWT Memerintahkan Ibadah Puasa Ramadhan

Tema : Tujuan Utama Perintah Puasa

Khutbah Pertama :
Khutbah Jumat Terbaru Singkat : Tujuan Allah SWT Memerintahkan Ibadah Puasa Ramadhan


Hadirin Sidang Jumat Rohimakumullah

Alloh SWT memerintahkan ibadah puasa pada umat manusia tentu mempunyai tujuan, yang mana dapat kita pahami, bahwa tujuan perintah puasa , tiada lain untuk membentuk umat manusia menjadi orang-orang yang bertaqwa. sebagaimana firman Alloh SWT dalam QS. Albaqarah ayat 183 :

Khutbah Jumat Terbaru Singkat : Tujuan Allah SWT Memerintahkan Ibadah Puasa Ramadhan
Diakhir surat ini ada kaliamat La'allakum Tattaquun... jelaslah sudah tujuan Alloh SWT memerintahkan umat manusia berpuasa selama satu bulan penuh, tiada lain supaya umat kita semua menjadi orang-orang yang terbaik, yakni orang-orang yang taqwa.

Hadirin Sidang Jumat Rohimakumullah

Kenapa Taqwa..? tidak yang lain, karena ketaqwaanlah yang akan menjadi sumber kebahagiann dan ketaqwaan pula merupakan sebaik-baiknya bekal, sebagaimana dalam firmannya :

وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَالزَّادِ التَّقْوَى وَتَّقُوْنِ يَااُولِى اَلْاَبَابْ
 
Dan Berbekallah kalian semua, karena sesungguhnya sebaik-baiknya bekal adalah taqwa, Dan bertaqwalah kepada-Ku hai orang-orang yang mempunyai akal.

Hadirin Ikhwanul Muslimin Rahimakumullah

Maka jika seseorang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan ini , dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, dengan keikhlasan hati dan semata-mata hanya mengharapkan ridha Allah SWT, maka akan tercipta manusia-manusia yang terbaik yaitu orang-orang yang bertaqwa.

Hadirin Sidang Jumat Rahimakumullah

Selanjutnya, lalu bagaimana ciri-ciri orang yang berhasil dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan tersebut yang sampai pada predikat Taqwa itu, dijelaskan dalam Firman Alloh SWT QS. Ali Imran ayat 134 :

Khutbah Jumat Terbaru Singkat : Tujuan Allah SWT Memerintahkan Ibadah Puasa Ramadhan

Artinya : Dan Orang-orang yang Men-Infaqkan hartanya, baik diwaktu lapang ataupun sempit, dan Orang-orang yang mampu menahan hawa nafsunya, dan orang-orang yang memaafkan kesalahan-kesalahan orang lain. Allah SWT mencintai orang-orang yang berbuat kebaiakan

Yang Pertama : Ciri orang yang bertaqwa yang berhasil dalam melaksanakan ibadah puasanya adalah :
Orang yang mampu menafkahkan hartanya, baik dalam keadaan lapang ataupun sempit, orang yang bertaqwa, akan selalu berusaha menafkahkan hartanya dijalan Allah, karena mereka sadar, harta yang dimilikinya hanyalah sekedar titipan, maka ketika melakukan infaq, shadaqoh, orang yang bertaqwa tidak merasa berat, justru sebaliknya selalu ingin berbagi, walaupun dalam keadaan sempit.

Yang Kedua Ciri orang yang bertaqwa

Orang yang mampu menahan dirinya dari syahwat, atau amarahnya, kenapa demikian karena orang yang telah mencapai derajat taqwa akan sadar ,  bahwa amarah atau hawa nafsunya bila dilampiaskan akan berdampak buruk, baik bagi dirinya ataupun orang lain, aka ketaqwaan pada dirinya akan mampu menahan hawa nafsu dalam dirinya.

Yang terakhir : Ciri orang yang bertaqwa adalah :

Orang yang mampu memaafkan kesalahan-kesalahan orang lain, sepahit apapun kesalahan orang lain kepada dirinya, karena ketaqwaannya akan mampu memaafkannya, maka  jika kita mau melihat berhasil atau tidaknya dalam pelaksanaan ibadah puasa ramadhan. Kita lihat keimanan dan ketaqwaan kita setelah selesai diakhir ramadhan. Apakah ada refleksi dari ibadah puasa kita selama 1 bulan, jika ada , kita ucapkan Alhamdulillah dan terus kita tingkatkan, jika tidak ada, maka tugas kita jangan berputus asa, teruslah berusaha untuk mencapai derajat manusia yang terbaik yaitu taqwa :

Mudah-mudahan kita semua dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan ini, selalu ada dalam lindungan Allah SWT, sehingga kita semua berkesempatan untuk menjadi pribadi-pribadi yang lebih baikdimata Allah SWT, yang pada akhirnya akan mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat. Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin.


بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُم فِى الْقُرْاَنِ الْكَرِيْم وَنَفَعَنِيْ وَ اِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمْ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْم

Sahabat sekalian itulah, contoh khutbah jumat yang dapat disampaikan dalam kesempatan ini, semoga dapat menjadi referensi sahabat semua dalam melaksanakan tugas, baik sebagai khatib , ataupun hanya sebagai tugas sekolah bagi anak-anak didik sahabat semua, terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Khutbah Jumat Terbaru Singkat : Tujuan Allah SWT Memerintahkan Ibadah Puasa Ramadhan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel