Khutbah Jumat terbaru singkat " Kemualian Bulan Muharram "

Teks Khutbah Jumat Terbaru Singkat  " 5 Kemuliaan Bulan Muharrom " - Salam Sobat semua kali ini kang haqie akan menulis tentang Naskah Khutbah Jumat dengan tema Kemulian Bulan Muharrom, semoga dengan dibuatnya teks khutbah jumat ini, akan membantu sobat sekalian dalam mencari bahan untuk menjadi khotib ataupun untuk tugas lainnya.


Mari kita simak ulasannya supaya lebih jelas.

Tema : 5 Kemuliaan Bulan Muharrom

Bissmillahirrahmanirrahim
Khutbah Jumat terbaru singkat " Kemualian Bulan Muharram "


Segala puji bagi Alloh SWT, Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW, tak lupa shalawat dan salam semoga tetap terlimpah kepada keluarganya, sahabatnya serta kepada umat yang taat terhadap ajarannya.

Hadirin Kaum Muslimin Rohimakumullah

Alhamdulillah kita semua masih dikasih kepercayaan usia sampai saat ini, dengan rasa syukur yang dalam, kita panjatkan kepada Alloh SWT, apalagi kita semua sudah sampai kepada salah satu bulan yang di muliakan Allah SWT, dan sampai pada tahun baru islam, yaitu bulan Muharrom 1440 H,
untuk itu kita sepatutnya mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya karena dengan cara lebih meningkatkan kwalitas ibadah kita, memperbanyak amal-amal shaleh, supaya dalam rangka menyambut dan mengagungkan bulan yang dimuliakan Alloh SWT yaitu bulan Muharrom.

Hadirin Ikhwanul Muslimin Rohimakumullah

Kita semua harus tahu, kenapa bulan muharrom ini dimuliakan Alloh SWT, apa landasanya, dan apa yang harus kita perbanyak dalam mengisi bulan yang dimuliakan ini.
maka dalam hal ini khotib akan memberikan tem khutbah kali ini 5 Kemulian bulan Muharraom.

1. Bulan Muharrom Menjadi Bulan Pertama Pada Kalender Hijriah

Kita Tahu semua, bahwa bulan pertama dalam kalender hijriah adalah bulan Muharram, yang mana kita sedang berada didalam bulan ini,

2. Bulan Muharram Menjadi Salah satu bulan dari 4 bulan yang dimuliakan Alloh SWT

Semua tahu dalam satu tahun ada 12 bulan, dari dua belas bulan ini ada 4 bulan yang dimuliakan Alloh SWT, mana landasannya, ini termuat dalam QS. At Taubah ayat 36

Teks Khutbah Jumat Terbaru Singkat  " 5 Kemuliaan Bulan Muharrom "
QS. AT TAUBAH 9: 36

yang artinya : Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

3. Bulan Muharrom disebut Bulan Alloh

Semua bulan-bulan milik Alloh SWT, namun bulan Muharrom ini mempunyai keistimewaan, sehingga Rosulullah bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatn oleh Imam Muslim Hadist ke 11630

yang artinya : “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam”

4. Pada bulan Muhaarom dianjurkan berpuasa Sunnah

Pada bulan ini dianjurkan berpuasa sunnah, karena kemulaian dan keistimewaan bulan inilah, sehingga nabi pun memerintahkan puasa sunnah pada bulan muharram.

5. Pada bulan Muhrram terdapat Hari Assura'

Bulan ini ada hari kesepuluah yang terkenal dengan hari Assura' , umat islam semua mengenal akan banyaknya sejarah yang terjadi pada bulan Muharram terutama pada hari ke 10, untuk itu kita semua, harus memuliakan bulan ini, karena Alloh SWT memuliakan bulan ini, dengan cara apa kita memuliakna bulan istimewa ini, tiada lain dengan mengisi hari-harinya dengan amal kebaikan, kerahkan semua kemampuan kita untuk beramal dan berlomba-lomba dalam kebaikan, untuk meraih keridhoan-Nya.

Hadirin Ikhwanul Muslimin Rohimakumullah

Kesimpulan dari khutbah ini marilah kita tingkatkan kawalita amaliah kita, dan berbekalah untuk kehidupan yang lebih kekal, dan kita semua berharap semoga Alloh selalu memberikan Hidayah dan taufiknya kepada kita semua. Aamiin Yaa Robbal Alamiin.

 5 Kemuliaan Bulan Muharrom "


Semoga bermanfaat.







0 Response to "Khutbah Jumat terbaru singkat " Kemualian Bulan Muharram " "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel