6 Cara Mengatasi Bayi Sulit Tidur

6 Cara Mengatasi Bayi Sulit Tidur - Salam Bunda , dalam kesempatan ini akan menyampaikan bagaimana cara mengatasi bayi sulit tidur, terutama pada malam hari, sebenarnya ini masalah umum, karena hampir semua mama yang curhat tentang cara mengatasi bayi yang susah tidur, Sebenarnya bunda jangan terlalu khawatir akan hal ini, namun untuk mengetahuinya, kita juga harus pahami beberapa penjelasan ini.

6 Cara Mengatasi Bayi Sulit Tidur

Ada Beberapa Penyebab yang membuat bayi susah Tidur

Kang Haqie. manulis ini karena memang sudah pengalaman dengan dua anak yang dialami keduanya memang susah tidur, terutama pada waktu malam, oleh karena itu kami menyimpulkan bunda sekalian, kita harus pahami beberapa sebabnya, jika sudah mengetahui sebabnya, maka kita akan tahu bagaimana cara mengatasinya.  Diantara Penyebabnya ialah sebagai berikut :
  • Belum Memiliki Ritme Waktu yang stabil karena dalam tahap Perkembangan
Kebanyakan bayi memang begitu, belum tahu waktu sederhanaya gitu, mana malam, mana siang masih dalam tahap menyesuaikan, dan biasanya seorang bayi sudah mulai mendapatkan ritme jam biologisnya dalam beristirahat, pada usia 12 minggu. Untuk itu Bunda harus membantu si bayi dalam menstabilkan waktu atau ritme istirahat si bayi, bantu bayi dalam tidur tepat waktu da bangun pada jam yang sama. Maka anak kita juga akan bisa beradaptasi segera mungkin.

Dianjurkan jangan memasang lampu yang terlalu terang ketika menjelang malam, karena dengan lampu yang terlampau terang maka tubuh akan menolak dalam menghasilkan hormon melatonin, yaitu hormon pemanicng rasa kantuk.
  • Bayi dalam Keadaan Lapar
Bunda, jika rasa lapar yang ada , jangankan pada seorang bayi, orang dewasapun akan sulit tidur jika dalam keadaan perut lapar, ditambah  bayi sangat memerlukan asupan makanan yang lebih sering. Apalagi bila perkembangan bayi yang cepat, maka rasa lapar akan sering datang juga.
  • Mengajak bermain saat bayi waktunya tidur

Bunda sekalian, terkadang malah kita yang jadi penyebab bayi susah tidur, karena saat sebelum waktu tidur malah diajak bermain dulu, maka bayi akan merespon berbeda, karena ritme jam biologisnya belum stabil

Cara untuk mengatasi bayi Susah tidur

Bunda, setelah kita pahami hal-hal diatas, maka saatnya kita mengetahui cara untuk mengatasi bayi yang sulit tidur itu, inilah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh bunda saat bayi rewel , susah tidur, khususnya pada waktu malam hari.
  • Berikan Isapan pada Bayi
Pertama yang dapat kita lakukan adalah, memeberikan sesuatu pada bayi, baik berupa isapan, ataupun belaian lembut, agar bayi merespon dengan baik, bahwa isapan atau usapan yang diberikan isarat untuk menyuruh tidur.
Bunda bisa memberikan puting mama biarkan digigit, ngengpeng atau dot, atau juga ibu jarinya, agar sibayi tenang dan timbul rasa kantuk
  • Membedong bayi dengan benar
Cara ini juga bisa dikatakan efektif, karena sibayi akan lebih tenang tangan dan kakinya tidak akan banyak bergerak, dengan cara ini biasanya rasa kantuk sibayi akan lebih cepat datang, apalagi ditambah dengan tepukan lembut atau belaian lembut pada dada, atau punggung anak.
  • Baringkan bayi beda dengan biasanya
Bunda sekalian, bila biasanya bayi ditidurkan dengan terlentang, maka coba ubahlah dengan cara dibaringkan ke samping kanan, dengan cara ini, maka akan memberikan efek yang baik pada anak, karena akan merasa sewaktu didalam kandungan, namun kembalikan ke posisi semua, jika bayi sudah benar-benar terlelap dalam tidurnya.
  • Menciptakan suasana " White Noise " 
Bunda sekalian kenapa bayi suka sekali jika digendong mama, itu disebabkan karena waktu dikandung yang bayi dengarkan hanyalah detak jantung mamanya, maka tidak heran bayi terlihat nyaman ketika digendong mama. Maka ketika bayi sudah diluar , jika bayi terlihat kurang tenang, atau susah tidur, coba ciptakan suara White Noise, atau menciptakan suara-suara yang dapat menenggelamkan suara-suara lain selain suara yang kita bunyikan, bunda bisa membunyikan kipas angin, mainan bahkan bisa nyalakan vacuam cleaner, mungkin bagi kita yang dewasa suara-suara itu tidak nyaman , namun sebaliknya , ada beberapa bayi ketika dinyalakan suara-suara seperti itu , dia malah terlihat tenang dan berangsung datang rasa kantuknya, maka bunda bisa mencoba membeli atau yang lebih gampang mendownload suara -suara white noise, untuk persediaan ketika bayi kita susah tidur, kita coba dengan suara-suara yang dapat menenangkan bayi.
  • Berikan Pijatan Lembut
Bunda , terkadang bayi yang tidak tenang, tidak tidur-tidur, walau mama nya sudah merasa sangat mengantuk , eh bayinya malah rewel susah tidur, bunda bisa melakukan hal ini, yaitu memijat tubuh si bayi dengan pijatan lembut, bayi jika kita lakukan seperti itu akan merasa nyaman, namun baiknya kita melakukan pijatan lembut saat bayi masih terjaga, bila sudah terlelap tidur, berhentilah memijatnya.
  • Udara Segar
Bunda sekalian, bahkan ada yang hanya kita membuka pintu, dan udara masuk, bayi langusng tenang, itu artinya, ketidak nyamanan bayi bisa saja dari udara yang sudah tidak nyaman lagi, makacara demikian bisa dicoba oleh para bunda. Nila berhasil maka berbahagialah, karena bunda sekalian akan bisa beristirahat sama halnya dengan bayi bunda.

itulah yang dapat kang haqie sampaikan dalam kesempatan ini, semoga informasinya bermanfaat, terima kasih telah berkunjung ke blog kami , salam bahagia.

0 Response to "6 Cara Mengatasi Bayi Sulit Tidur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel