5 Manfaat dan Dampak Terapi UAP untuk Pengobatan Anak

5 Manfaat dan Dampak Terapi UAP untuk Pengobatan Anak - Salam Bunda sekalian, kali ini Kang Haqie akan menuliskan beberapa manfaat terapi uap, baik bagi pengobatan untuk anak ataupun bagi pengobatan diri sendiri, yang terserang batuk dan flu, namun kali ini hanya akan menyampaikan terapi uap bagi anak. Terapi Uap ini selain mudah dan murah, manfaatnya juga lumayan memberikan efek yang baik bagi kesehatan anak.

5 Manfaat dan Dampak Terapi UAP untuk Pengobatan Anak


Kang Haqie Sendiri pernah melakukannya dan Alhamdulillah hasilnya lumayan baik pernapasan anak menjadi lega, yang tadinya tersumbat, kesulitan bernapas, untuk itu perlu kang haqie merasa perlu disampaikan kepada bunda sekalian, barangkali cara ini bisa dicoba oleh bunda, ketika anaknya terkena batuk pilek, selain pergi ke dokter, bunda juga bisa lakukan cara ini,  dengan tetap tidak mengabaikan aturan-aturan yang harus dilakukan.

Langkah-langkah dalam melakukan Terapi uap Pada Anak

Bunda sekalin ini merupakan langkah-langkahnya jika bunda belum pernah melakukannya, inilah urutannya :
  • Siapkan air, lalu didhkan 100 derajat celcius
  • Siapkan Wadah/Baskom untuk menuangkan air yang sudah mendidih tadi
  • Campurkan kayu Putih secukupnya, kenapa kayu putih, karena dalam kayu putih terdapat zat aroma terapi yang mampu melegakan hidung tersumbat akibat batuk dan pilek
  • Siapkan tempat untuk memposisikan kepala anak, karena terapi uap bukan kepala anak dicelupkan kedalam air tersebut lho ..hehe..melainkan hanya kepala bayi yang didekatkan kedalam ramuaan uap aroma terapi.
  • Lakukan pemijatan yang lembut pada area dada atau area punggu dengan cara memutarkan pijatan searah jarum jam, yang bertujuan supaya si anak lebih nyaman dan tenang.

Manfaat Terapi Uap pada Kesehatan Anak

Terapi uap ini selain mudah dan murah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja, dan inilah beberapa manfaat terapi uap bagi anak.
  • Dapat mengencerkan dahak 
Bagi kita orang yang sudah dewasa, masalah dahak memang merupakan hal yang gampang diatasi, karena kita mudah saja dalam cara mengeluarkannya, namun beda lagi sama anak-anak apalagi bayi yang bisanya hanya menangis, dalam menghadapi susahnya napas akibat batuk dan pilek itu, oleh karena itu anak yang belum bisa apa-apa, perlu bantuan kita sebagai orang tuanya untuk lebih telaten dan menjaga supaya lebih tenang dalam mengatasi dahaknya, ya salah satu caranya dengan melakukan terapi uap, yang ampuh dalam mengencerkan dahak yang berada dalam rongga dada.
  • Melegakan Pernapasan 
Pernapasan yang lancar, membawa perasaan anak nyaman, karena tidak ada yang menggangunya, namun ketika terkena flu, batuk dan pilek, mulainya rasa nyaman itu terganggu dengan hidung tersumbat dan akhirnya susah bernapas, maka dengan terapi uap ini diusahakan untuk mengembalikan kenyamanan itu, supaya si anak kembali tenang dan nyaman.
  • Mengobati Flu
Terapi uap bermanfaat untuk mengobati Flu, pada saat Flu anak biasanya lebih rewel dari biasanya, maka jika terus dibiarkan itu akan berdampak buruk pada anak, dan mengganggu pernapasannya.
Nah untuk mengobatinya bunda bisa lakukan terapi Uap ini dirumah, selain mudah , murah serta aman.
  • Mengatasi Gejala ASMA
Asma merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, karena jika terlambat dalam mengatasinya maka jiwa menjadi taruhannya, maka dari itu para bunda atau siapa saja harus sedini mungkin mencari cara untuk mengatasi gejala asma ini, nah salah satu cara untuk mengatasinya tiada lain dengan melakukan terapi UAP
  • Mencegah Sinusistis
Penyakit Sinusistis, bukan saja menyerang orang dewasa, bisa saja anak-anak terkena sinusitis ini, nah jika diantara anak bunda ada yang terkena situsitis, jangan langsung terburu-buru dibawa kedokter, kita juga dapat melakukan pertolongan pertama yaitu dengan melakukan terapi uap. Karena sudah jelas aroma terapi pada terapi uap dapat melegakan pernapasan.
  • Mengobati radang tenggorokan
Radang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada area tenggorokan bahkan terkadang menyebabkan demam, dengan kondisi seperti ini tentulah anak akan rewel, susah tidur, dan tidak bisa istirahat dengan baik, untuk mengatasinya bisa dilakukan terapi uap.

Bunda sekalian, namun , walaupun bisa dibilang mudah dan murah serta aman, tetap saja kita tidak boleh melalaikan dampak atau efek samping yang mungkin terjadi, namun jika melakukannya dengan baik kemungkinan ini tidak akan terjadi.

Efek samping dari Terapi UAP untuk pengobatan Anak

Bunda sekalian , seperti yang sudah dikatakan, bahwa terapi uap memang aman, tapi jika dilakukan terlalu sering maka efeknya juga tidak baik, diantara efeknya ialah :
  • Terjadi Infeksi pada saluran pernapasan
Karena kondisi hidung yang sedang tersumbat ada dalam kondisi yang tidak sehat, bahkan terjadi pembengkakan atau radang, maka jika terlalu sering dikhawatirkan akan malah akan terjadi infeksi pada saluran pernapasannya, oleh karena itu perhatikan dan lakukan dengan hati-hati dan sederhana.
  • Tumbuhnya jamur pada area mulut
Jika dalam melakukannya secara baik maka ini tidak akan terjadi, bila terjadi mungkin karena intensitas dalam melakukan terapi uap terlalu sering pada akhirnya tenggorokan malah menjadi kering dan menimbulkan jamur pada mulut. jangan sampai terjadi.
  • Terkena Luka bakar
Bunda sekalian hal ini juga tidak akan terjadi, bilaman kita melakukannya normal-normal saja, tidak terlalu dekat kepala dengan air panas yang dimaksud untuk terapi uapnya, maka insya Alloh luka bakar ini bisa dihindari.

Terima kasih , itulah yang dapat kami sampaikan, semoga informasinya bermanfaat, dan bila diantara bunda ada yang melakukannya semoga anak atau sibuah hati kita lekas sembuh seperti sedia kala. Aamiin.











0 Response to "5 Manfaat dan Dampak Terapi UAP untuk Pengobatan Anak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel