Fiqih Wanita : Cara Mengetahui siklus haid normal menurut Ilmu Fiqih

Fiqih Wanita : Cara Mengetahui siklus haid normal menurut Ilmu Fiqih | Salam sahabat Kang Haqie, kali ini akan sedikit menyampaikan Cara yang terbaik untuk mengetahui siklus menstruasi pada seorang wanita, yang normal, kenapa yang normal, karena setiap wanita yang sudah mengalami Haid atau Menstruasi, tentunya akan berbeda-beda, ada yang tiap bulan lancar, adapula yang tidak dapat diperkirakan , apalagi yang baru pertama kalinya Haid . Hal ini sangatlah penting, terutama bagi ibu-ibu yang mempunyai anak yang sedang masa puber yang pastinya akan mengalami Haid, ini dapat dijadikan hal yang positif,  karena ibu bisa lebih dekat dengan anaknya serta komunikasi terjaga dan lebihnya dapat mengontrol dan memberikan ilmu berupa informasi seputar haid.

Fiqih Wanita : Cara Mengetahui siklus haid normal menurut Ilmu Fiqih

Kenapa terjadi Menstruasi pada Wanita..?

Menurut para ahli kesehatan, Mestruasi terjadi karena meluruhnya lapisan dinding rahim, dan mulailah ada pendarahan pada area kewanitaan, namun untuk sampai disini tentunya ada beberapa proses yang dialami.

Inilah Siklus Haid atau Menstruasi Yang normal

ada dasarnya datangnya haid atau menstruasi normal terjadi rata-rata setiap 28 hari, ada juga yang 25 bahkan ada yang sampai 35 hari, ini juga termasuk hitungan yang normal
jadi bila ini terjadi pada sahabat semua atau bunda semua, ini merupakan rentang waktu yang termasuk normal, jika mengacu pada mayoritas normal menstruasi berlangsung 3 sampai 7 hari
Bunda juga perlu mengetahui waktu ovulasi (Indung telur melepaskan sel telurnya) yang normal maka akan datang biasanya pada hari ke empat belas, tepat pada pertengahan masa siklus haid. ini juga suka disebut dengan Masa subur bagi para wanita.
Jadi misal begini Bunda untuk mengetahui masa subur (OVOLASI) : Hari pertama bunda Menstruasi misalnya tanggal 5 Pebruari 2019, berarti Menstruasi bunda akan selesai pada tanggal 12 Peberuari 2019, jadi bisa dipastikan Masa subur bunda sekalian jatuhnya sekitar tanggal 20-21 pada bulan januari 2019, Sementara masa Subur (OVULASI) bunda selanjutnya akan datang pada 14 hari setelah hari selesainya haid yaitu pada tanggal 12 selesai haid, jadi 14 hari setelahnya , sekitar tanggal 26-27 Pebruari.

Bunda sekalian, Siklus haid yang normal menurut para ahli dibidangnya, yaitu 1 bulan sekali dengan perkiraan 11-13 kali dalam setahun mengalami menstruasi, ini akan terus terjadi sampai bunda masuk pada usia monopause, yaitu ketika tubuh seorang wanita tidak lagi memprosuksi sel telur, jadi kemungkinan tidak akan menstruasi lagi.

Cara lain dalam melihat, normal dan tidaknya siklus menstruasi bunda sekalian , dapat dilihat dari :

  • Dilihat Dari Warna darahnya
Normalnya warna darah haid adalah merah terang, seperti buah ceri yang segar, meskipun begitu, tentunya akan sangat bervariasi tergantung pada diri masing-masing, karena setiap orang akan berbeda janis darah dan kekentalan darah dan volume darahnya.

Warna merah terang, akan terlihat biasanya pada pertama kali haid dan hari kedua, sebabnya darah yang keluar terbilang masih segar dan keluarnya biasanya lebih deras, dan dihari-hari akhir biasanya akan berubah merah kecoklatan, jadi jangan panik bila darahnya berubah-ubah seperti yang tadi dijelaskan.
  • Dilihat dari lamanya  Keluar Darah haid
Dalam kasus yang biasa terjadi, selama ini, normalnya wanita menstruasi 3 hari sampai 7 hari, namun yang terpenting dalam artikel sebelumnya, yang terpenting adalah hitungan jamnya , karena jumlah hari boleh berbeda namuan bilangan jam harus 24 jam atau lebih.
Masalah hitungan hari pasti akan berVariasi lamanya, namuan kami tegaskan yang harus sama itu hitungan jamnya, mau berapa hari saja hitungan harinya , tapi jamnya ingat yah...harus ada 24 jam atau lebih. Karena dikhawatirkan kita hanya konsentrasi hanya pada hitungan hari, tapi yang lebih penting dari itu tidak dihiraukan.
  • Keputihan
Bunda sekalian bila terdapat keputihan jangan kaget biasanya itu terjadi beberapa hari menjelang menstruasi, ini terbukti dari sel rahim dan akan terjadi pada masa subur. warnanya putih jernih, kalau dari segi teksturnya kental lengket dan tidak berbau.
  • Gejala haid yang terjadi
Bunda sekalian harus juga mengetahui, Gejala dari Siklus menstruasi yang normal, bisa dilihat dari beberapa hal dibawah ini :

  1.    Perut kembung, tidak karuan
  2.    Ada terjadi kram didalam perut
  3.    Susah tidur
  4.    Payudara menjadi lebih sensitif
  5.    Muncul jerawat
  6.    Perubahan mood
Bunda sekalian ini yang harus lebih diperhatikan, baik bagi bunda sendiri atau pun bunda yang mempunyai anak gadis, bila terjadi pendarahan dialami oleh seseorang diluar siklus Menstruasi, dan perubahan pada darah sangat drastis, keputihan tidak normal, ada rasa sakit yang sangat luar biasa, maka hal ini perlu dikonsultasikan pada ahli kesehatan, untuk dapat penanganan dan mendapatkan pengetahuan apa penyebabnya.

Terima kasih itu saja yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Fiqih Wanita : Cara Mengetahui siklus haid normal menurut Ilmu Fiqih"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel