18 manfaat nutrisi Buah Strawberry Bagi Kesehatan

18 manfaat nutrisi Buah Strawberry Bagi Kesehatan - Salam sobat Kang Haqie, saat ini akan membicarakan soal manfaat buah Strawberry, buah ini sangat unik, namun rasanya yang asam manis itu merupakan khas tersendiri. Selain kaya manfaat Nutrisi yang terkandung dalam buah strawberry ini juga terbilang sangat baik bagi kesehatan.

Buah yang sangat Luar biasa untuk kesehatan karena manfaat stroberi kaya dengan antioksidan yang turut serta membantu  kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi otak yang tepat, stabilkan dari tekanan darah tinggi, rematik, asam urat, serta meningkatkan kesehatan kulit dan mata. Kandungan polifenol stroberi membuat buah ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah berbagai jenis kanker, dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

18 manfaat nutrisi Buah Strawberry Bagi Kesehatan

Mengenal Buah Strawberry

Stroberi (Fragaria) adalah buah yang asam manis, merah berbentuk hati buah, yang banyak dicintai karena rasanya yang lezat dan bermanfaat serta mengandung gizi yang baik.
Stroberi banyak tumbuh di semak-semak dan sekarang sudah menjadi komoditi perkebunan di beberapa daerah yang cocok di Indonesia.

Nurtisi Strawberry

Stroberi yang dikemas dengan vitamin dan mineral seperti vitamin C dan K, folat, kalium, mangan, dan magnesium. buah berry adalah buah-buahan yang rendah kalori, kaya serat, yang berlimpah dalam polifenol antioksidan dan. Menurut USDA National Nutrient Database, secangkir stroberi berisi  49 kalori, sungguh mengesankan bukan, dan menyediakan 3 g serat, dan 12 g karbohidrat. jadi kandungan nutrisinya sangat baik sekali.

Manfaat untuk kesehatan dari Buah Strawb

Mari simak manfaat yang terkandung dalam buah stroberi ini secara rinci dibawah ini :

Meningkatkan fungsi jantung

Stroberi memiliki tingkat yang tinggi dalam menjaga kesehatan jantung serta antioksidan seperti asam ellagic dan flavonoid seperti anthocyanin, Katekin, quercetin, dan kaempferol. Menurut laporan penelitian oleh Susan Hannum, ilmu gizi, University of Illinois, senyawa fenolik ini menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dengan menghambat pembentukan total dan LDL (buruk) kolesterol
Dr Eric Rimm, seorang profesor di Harvard School of Public Health dan Harvard Medical School, menemukan dalam studi bahwa wanita yang membiasakan tiga atau lebih setengah cangkir stroberi atau blueberry setiap minggu 34% kurang cenderung memiliki serangan jantung dibandingkan dengan wanita yang tidak makan sama sekali. 

Tingkat tinggi anthocyanin membantu menstabilkan pembuluh darah, yang menyebabkan darah meningkat aliran dan mencegah masalah kardiovaskular. Selain itu, serat tinggi konten, vitamin C, dan folat stroberi membentuk sebuah paket kesehatan jantung yang ideal ketika mereka secara efektif mengurangi kolesterol dalam pembuluh darah dan pembuluh darah.

Meningkatkan fungsi otak

Stroberi kaya yodium, vitamin C dan Fitokimia, yang membantu menjaga berfungsinya sistem saraf.  kalium, stroberi, juga telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif oleh meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu, penelitian oleh Elizabeth E. Devore, ScD, Harvard Medical School menunjukkan bahwa konsumsi buah ini mengandung manfaat lebih tinggi flavonoidnya, terutama dari blueberry dan stroberi, mengurangi tingkat penurunan kognitif pada orang tua.

Mencegah kanker

Vitamin C, folat, anthocyanin, quercetin, dan kaempferol adalah hanya beberapa dari banyak flavonoid stroberi yang bertindak sebagai antioksidan yang sangat baik.  bersama-sama, buah ini membentuk garis pertahanan untuk melawan kanker dan tumor dari pertumbuhan yang kuat. Asupan harian stroberi terhubung ke penurunan drastis dalam kehadiran dan metastasis sel kanker. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli dari Divisi Onkologi, The Ohio State University menunjukkan bahwa bubuk stroberi beku-kering menunjukkan hasil untuk mencegah kanker esophagus.

Mencegah Stroke

Kekuatan antioksidan dalam stroberi anti-inflamasi membantu mengurangi pembentukan bekuan darah yang dikaitkan dengan stroke.

Sebagai Perawatan kulit

Stroberi mengandung asam salisilat, alpha hydroxy acid (AHA), dan asam ellagic, yang mengurangi hiperpigmentasi, mencegah jerawat dan mengangkat sel kulit mati. Untuk membuat masker wajah untuk kulit lebih bercahaya,  menghancurkan 4-5 stroberi dan campuran pulp dengan sendok makan dicampur madu. Oleskan pada wajah, biarkan sampai kurang lebih 10 menit, dan setelahnya cucilah dengan air hangat. Stroberi moisturizing lip balm juga membantu menjaga bibir terhidrasi.

Anti-penuaan dini

Vitamin C dalam stroberi meningkatkan produksi kolagen, nada kulit dan memiliki efek anti-penuaan. Juga, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural Food Chemistry menunjukkan bahwa ekstrak yang berlimpah di anthocyanin dan melindungi terhadap radiasi ultraviolet.  menggunakan masker strawberry secara teratur dapat menjaga kulit segar dan bersih.

Perawatan Kesehatan mata

Makan stroberi dapat mencegah kondisi mata seperti mata kering, degenerasi saraf optik, degenerasi makula, visi Cacat, dan meningkatnya kerentanan terhadap infeksi. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Tufts dan Cambridge University menunjukkan bahwa antioksidan dalam stroberi flavonoid, Fitokimia fenolik dan asam ellagic, dapat membantu menghindari hampir semua masalah mata karena mereka melindungi terhadap radikal bebas aktivitas pemulungan.
Manfaat lain yang satu stroberi dapat memperbaiki adalah gangguan okular tekanan, tekanan dalam mata, yang dapat berbahaya. Mereka juga mengandung potasium, yang membantu dalam mempertahankan tekanan yang benar.

Mencegah Diabetes

Studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa makan stroberi, yang memiliki indeks glikemik rendah (GI), dapat menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe 2.  Selain itu, studi lain yang didanai oleh The Canadian Institutes of Health Research menunjukkan bahwa makan stroberi meningkatkan kontrol glikemik antara penderita diabetes.

Mengurangi tekanan darah tinggi

Stroberi kaya kalium dan magnesium dan rendah sodium. Kalium dan magnesium bertindak sebagai vasodilator, berarti bahwa mereka membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kekakuan pembuluh darah dan pembuluh darah.  Hal ini memudahkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh dan membuat mereka berfungsi pada potensi penuh dari pencegahan hipertensi.

Meningkatkan imunitas

Vitamin C hadir dalam stroberi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam menyembuhkan batuk dan dingin yang umum.  melayani satu memiliki sekitar 150% dari kebutuhan harian Anda vitamin c!
Memperlakukan Arthritis & asam urat
Stroberi berlimpah antioksidan dan detoxifiers, yang membantu mengurangi nyeri persendian dan arthritis. Buah ini  juga membantu dalam mencegah rematik gejala seperti degenerasi otot dan jaringan, pengeringan cairan pelumas pada sendi, dan akumulasi zat beracun dan asam (seperti asam urat) dalam tubuh.

Menstabilkan Berat badan

Stroberi meningkatkan produksi adiponectin dan leptin, yang kedua membakar lemak-hormon. stroberi membantu mengurangi nafsu makan, mengurangi glukosa dan mengurangi berat badan dan lemak .

Mencegah cacat lahir

Asam folat stroberi adalah sebuah nutrisi yang diperlukan, terutama selama kehamilan, karena membantu dalam mencegah cacat lahir. Hal ini juga penting untuk memastikan kesehatan yang optimal selama kehamilan.

Mengurangi peradangan

Stroberi mengurangi tingkat darah tinggi C - reactive protein (CRP), suatu zat yang dihasilkan oleh hati yang meningkatkan peradangan dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa perempuan yang makan lebih dari 16 stroberi dalam seminggu 14% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami peningkatan kadar C - reactive protein.

Mengobati Sembelit

Karena kandungan serat yang tinggi, stroberi membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. buah stroberi juga mencegah divertikulitis, radang saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan demam dan mual.

Kesehatan rambut

Berbagai zat yang terkandung dalam strobery seperti kaya antioksidan, asam ellagic, dan vitamin membantu mencegah rambut rontok, melembabkan rambut, dan mencegah ketombe. Untuk rambut mengkilap, Anda dapat mencampur stroberi dengan cara dihancurkan  5-6 biji, dicampurkan dengan 1 sendok makan yogurt. Pijat ini ke rambut dan bilas setelah 10-15 menit. Sampo sebagai biasa. Ini bekerja sebagai kondisioner rambut alami.

Kesehatan tulang

Mangan, vitamin C dan K, dan kalium, stroberi membantu meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin K dan kalium membantu lebih tinggi kepadatan tulang dengan mempertahankan kalsium dalam tubuh.

Pemutih gigi

Stroberi mengandung asam Malat, agen pemutihan gigi alami. Campuran buah yang dihancurkan dan dicampur dengan baking soda lalu gunakan untuk memutihkan gigi Anda. Biarkan selama 5 menit dan lebih ringan menggunakan sikat gigi untuk memutihkan gigi.

Menyembuhkan mata bengkak

Stroberi membantu mengurangi munculnya mata bengkak. Untuk perbaikan yang lebih cepat, tempatkan irisan buah pada kelopak mata Anda dan rileks selama sepuluh menit.

Berikut adalah cara untuk memilih yang terbaik:

Pilih stroberi organik, lokal dan besar, karena stroberi ini aman untuk dimakan dan memiliki rasa manis, dan sehat.
Ketika Anda memilih stroberi, cari dan pilihlah yang berwarna merah tua.
Berbagai impor tersedia sepanjang tahun.
Buah Stroberry sangat tahan lama dan boleh dimakan dalam beberapa hari.
sobat dapat mendinginkan buah ini selama seminggu atau membekukan  hingga enam bulan.

Catatan: Stroberi memiliki tingkat tertinggi pestisida, menurut USDA, jadi ketika membeli buah-buahan ini pilihlah dengan bijak.

Menggunakan stroberi

Stroberi yang sering dimakan mentah atau ditambahkan ke buah salad dan custard. Anda juga dapat mengkonsumsi jus strawberry mudah yang dapat disiapkan di rumah.
Ekstrak strawberry juga secara luas digunakan dalam makanan olahan seperti  es krim, selai, jeli, squashes, sirup, permen dan coklat.

Efek Samping Buah Stroberi

Berlebihan konsumsi stroberi dapat menyebabkan:
Diare dan gas
Penyakit hati
Kulit kuning (kuning)
Rasa sakit dan bengkak (peradangan) lapisan saluran pernapasan
Encok, radang sendi
Ketegangan saraf
Retensi air (edema)
Penyakit ginjal, batu ginjal
Demam
Reaksi alergi
Kelesuan
Jadi manfaatkanlah konsumsi buah stroberi ini tepat pada waktunya, dan jangan berlebihan.
semoga bermanfaat..dan silahkan mencobanya..!!






0 Response to "18 manfaat nutrisi Buah Strawberry Bagi Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel