Kisah Nabi-nabi " KISAH NABI ISA SINGKAT dan HIKMAHNYA

Kisah Nabi-nabi " KISAH NABI ISA SINGKAT dan HIKMAHNYA | Sahabat ini Kisah singkat Nabi Isa AS, diharapkan bukan hanya membacanya, tapi ambil pelajaran dan hikmah dibalik kisah yang ditulis ini, agar keimanan kita bertambah dan kesemangatan dalam memperbaiki diri juga meningkat.
Kisah Nabi-nabi " KISAH NABI ISA SINGKAT dan HIKMAHNYA

Kelahiran Nabi Isa AS

Atas kehendaknya Nabi Isa AS lahir hanya oleh seorang Ibu , yaitu siti Maryam, yang kebetulan pada saat itu masih dalam keadaan perawan, kenapa bisa, diawal ditulis, atas kehendak-NYa, apapun bisa terjadi, ini merupakan kejadian yang sangat luar biasa. Sehingga Maryam pada waktu itu dihina, dicibir, dan diasingkan , karena dianggap telah sengaja memperlihatkan aib, dan tidak disangka wanita se Alim dia bisa berbuat keji, itulah anggapan orang-orang pada saat itu, tapi Maryam tidak gentar dan tidak pula sakit hati, karena dia yakin ini merupakan kehendak sang Maha kuasa.

Kisah Kelahiran Maryam Ibunda Nabi Isa AS

Pasangan suami isteri Hannah dan Imran , merupakan sebuah pasangan yang sudah sangat lama tidak diberikan keturunan , sehingga imran dan hannah tidak henti-hentinya berdoa kepada Alloh SWT, untk diberikan keturunan, walau pada waktu itu mereka berdua telah usia lanjut, dan akhirnya berbuah manis do'anya terkabul dan Hannah pun mengndung dan tak lama berselang waktu melahirkan seorang bayi perempuan  dan diberi Nama MARYAM, namun sayang pada saat masih kecil ayahnya Imran meninggal, dan Yatimlah Maryam pada masa kecilnya. dan Maryam diasuh oleh Nabi Zakaria.

Nabi Zakaria mengasuh Maryam dengan kesabaran dan penuh dengan kasih sayang, Nabi zakaria mengajarkan berbagai macam disiplin ilmu, tapi yang paling dititik beratkan yiatu tentang akhlak , budi pekerti yang luhur, maka tak heran Maryam tumbuh menjadi seorang gadis yang sangat baik budi pekertinya.

Ketika Usia remaja , maryam , berbeda dengan gadis-gadis seusianya, ia lebih sering mengurung diri di tempat ibadah, memperbanyak mendekatkan diri kepada sang KHOLIK, setiap hari waktunya dihabiskan untuk beribadah kepada Alloh SWT. Pada suatu hari nabi Zakaria menengoknya, namun nabi zakaria sangatlah terkejut, karena didekat Maryam sangat banyak beraneka ragam buah-buahan, dan Maryam pun menjelaskan itu semua karunia Alloh, nabi Zakaria percaya akan hal itu. Karena Maryam merupakan wanita yang teguh pendirian, taat, kepada Alloh tak heran ia disuguhi makanan-makan dari surga.

Pada suatu hari Maryam kedatangan Malaikat, dan berkata, Wahai Maryam kamu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki yang nantinya akan menjadi seorang utusan Alloh, tapi Maryam agak kekagetan, karena bagaimana mungkin, aku kan masih perawan dan tidak pernah mempunyai seorang suami, malaikat menjawab, tidak ada hal yang tidak mungkin, jika Alloh Menghendaki maka JADILAH. maka kehendaknyapun terwujud , dan maryam tak lama kemudian mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama ISA.

Maka disanalah awal yang sangat menyakitkan, karena anggapan warga sekita, Maryam yang suci ternyata berbuat maksiat, berbuat serong, tuduhan dan fitnahan terus bergulir, untuk menghidari gunjingan tersebut, maka Maryam pun mengasingkan diri, pergi meninggalkan warga sekitar.

Maryam mengasingkan dibawah pohon Kurma, yang diberkati Alloh, sehingga istimewanya pohon kurma tersebut, bila digoyangkan sedikit, maka kurma akan berjatuhan dan dapat dimakan. Ditempat inilah Maryam melahirkan nabi Isa AS. Stelah kesehatan Maryam pulih, maka ia kembali ke rumahnya. namun tetap saja hinaan dan cemoohan masih terus ditujukan kepada maryam.
dengan tuduhan, bagaimana mungkin, seorang wanita alim, bisa berbuat serong.

maka Maryam pun menjawab. " Tanyakan saja pada anak itu, namun mereka menjawab dengan kasarnya, apa kamu sudah gila wahai maryam, bertanya pada seorang bayi. walau mereka merasa ragu, mereka bertanya pada bayi itu dan tak diduga bayi itu menjawab dengan lantang.

" Aku adalah hamba Alloh, akan diturunkan kepadaku kitab Injil, Alloh telah memilihku seorang nabi, mengajarkan kebaikan, dan memerintahkanku untuk mendirikan Shalat, dan membayar zakat selama hidupku, berbuat baik kepada orang tuaku, aku tidak sombong pada orang lain, dan tidak tenggelam pada maksiat. Alloh memberiku keselamatan pada hari lahirku dan kematianku. dan juga pada nanti hari kebangkitan dihari kiamat.

sangat kaget meekan mendengar jawaban dari bayi itu, mereka terkesima sungguh luar biasa dan aneh. dan yakinlah mereka semua bahwa Maryam adalah wanita suci, mereka menyadari bahwa tuduhan yang merekan tujukan  ternyata salah besar.

Kisah Nabi Isa Menjadi Rasul

Pada waktu masih kecil Isa sudah menunjukan kearifan dan kebaikan pada semua orang, sebagai manusia istimewa, kecerdasannya luar biasa. dan pada usia 30 tahun ia diangkat menjadi Nabi dan rosul dan sebelumnya telah diajakna kepada nabi Isa Taurat dan Injil.

maka pada sat sudah diangkat mejadi Rosul, mulailah nabi isa menyebarkan agama kepada kaumnya. mengajak kepada kaum yahudi dan Israil untuk kembali kepada Alloh SWT, Nabi Isa menyadarkan mereka karena sudah keluar jalur dari apa yang sudah diajarkan oleh nabi Musa AS.

Nabi akhir Zaman akan diutus Ke Muka Bumi.

Salah satu ajaran nabi Isa AS dalam kitab injilnya, dikabarkan akan datang nabi akhir zaman dan tidak akan ada nabi dan rosul setelahnya yang bernama Ahmad atau Muhammad. dan semua itu juga sudah termuat dalam Al-Quran.

" Sesungguhnya aku adalah utusan Alloh kepadamu, membenarkan kitab sebelumku yaitu taurat dan memberi kabar gembira dengan datangnya seorang rosul yang akan datang sesudahku yaitu Ahmad (MUHAMMAD).

Kisahnya sudah dimuat pada aktikel sebelumnya. Kisah nabi Muhammad SAW.

MUKJIJAT NABI ISA AS

Nabi Isa AS sangat luas ilmu pengetahuannya dan sangat baik akhlaknya, oleh karena itu , kalangan bani israil, dan tokoh-tokoh agama lainnya merasa terganggu dan terancam akan kepercayaannya itu, takut kedudukannya terkalahkan oleh kearifan dari sipat nabi Isa AS. dan Mereka semua meminta bukti kalau benar Nabi Isa itu utusan Alloh SWT.

berkaitan dengan itu, maka Nabi Isa pun memberikan bukti dengan Alloh memberikan mukjijat yang luar biasa pula diantaranya Nabi isa, dapat menghidupkan orang yang sudah lama meninggal dunia, bisa menghidupkan apapun yang dibuat dari tanah liat setelah ia tiupkan. dapat menyembuhkan orang buta. menymbuhkan orang yang terkena penyakit Levra. dan banyak lagi mukjijat nabi ISA AS.

Kisah WAFAT Nya Nabi ISA AS.

Selelah sekian lama dengan kesabaran nabi Isa AS, pengikutnya makin banyak, hal itu menjadikan Pemerintahan romawi khawatir, nabi Isa dianggap membahayakan pemerintahannya, karena itu mereka bermaksud menganiaya dan Membuanuh nabi ISA AS.

Dan pada waktu itu ada salah sorang murid nabi Isa AS yaitu YUDAS ISKARIROT yang berkhianat, diapula yang menunjukan tempat persembunyian nabi ISA AS, maka dikepunglah nabi isa oleh tentara romawi, Namun Nabi Isa diselamatkan oleh Alloh dan diangkat ke Langit, sedangkan si pengkhianat, diserupakan oleh nabi Isa. Dengan demikian YUDAS lah yang ditangkap dan disalib oleh pasukan romawi.

Hikmah dari Kisah Nabi ISA AS.
Hikmah dari kisah nabi Isa yang dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua diantaranya adalah :

1. Kita harus lebih yakin kepada Alloh SWT, karena apapun yang terjadi diudnia ini semua tas kehendak-NYA.
2. Pemantapan Adab , etika, tatakrama, sangatlah penting, karena dengan budi pekerti yang baik, maka Alloh SWT akan meninggikan derajat kita
3. Mukjijat kepada para nabi semua untuk menunkukan kepada semua, bahwa Alloh SWT yang Maha Agung kuasa atas segala hal.
4. Dalam kehidupan selalu ada tantangan terjal menghalangi, seberapa kuat kita menghadapainya, maka akan terungkap segala hikmah didalamnya.






0 Response to "Kisah Nabi-nabi " KISAH NABI ISA SINGKAT dan HIKMAHNYA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel