5 Cara Memilih Hewan Qur'ban yang baik, ini tipsnya..!!

5 Cara Memilih Hewan Qur'ban yang baik, ini tipsnya..!! | Hewan Qur'ban yang baik merupakan pilihan semua orang yang akan melaksanakan ibadah qur'ban pada hari raya idul adha, namun kita semua atau panitia Qurban juga harus dibekali dengan pengetahuan tentang cara memilih hewan qur'ban yang baik, karena selain akan lebih puas kepada orang yang berqur'ban juga akan lebih sehat. Kita tahu kriteria Hewan Qur'ban yang baik tentunya memiliki ciri-ciri tersendiri.

5 Cara Memilih Hewan Qur'ban yang baik, ini tipsnya..!!
 Maka dari itu Kang Haqie akan sedikit memberikan tips atau cara dalam memilih hewan yang akan disembelih pada hari raya qur'an.

Inilah 5 Cara memilih Hewan Qur'ban yang baik dan sehat

1. Ketahui Usia Hewan yang Akan dijadikan Hewan Qur'ban

Hewan yang akan  akan dipilih tentunya harus pas dalm segi umur, karena ini merupakan ketentuan dalam pelaksanaan ibadah qur'ban, maka dari itu kita harus tahu berapa umur hewan yang dipilih. Jika sudah tahu umur hewan tersebut, barulah kita dapat kriteria nomor satu, tapi berapa umur hewan qurban yang idel untuk ibadah qur'an menurut kentuan yang berlaku untuk domba atau kambing, kisaran usia 12 bulan sampai 18 bulan. Sedangkan untuk kerbau atau sapi kisaran usia 22 bulan.

Caranya bagaimana tentunya gampang tinggal kita tanyakan kepada pemilik ternak tersebut, Selain itu ada cara lain untuk mengetahuinya, yaitu dengan cara melihat gigi hewan tersebut, jika gigi depan hewan telah tanggal, maka bisa dipastikan usianya 12-18 bulan untuk domba dan kambing, dan kerbau 22 bulan.

2. Ketahui Fisik Hewan Qur'ban tidak memiliki cacat

5 Cara Memilih Hewan Qur'ban yang baik, ini tipsnya..!!

 

Hewan yang akan dipilih tentunya harus sempurna, jangan ada cacat sekecil apapun, karena jika itu tidak diperhatikan , mungkin akan mempengaruhi sah dan tidak sah nya hewan tersebut dijadikan hewan qur'ban. Pokoknya kita harus memastikan dan harus teliti dalam memilihnya, sekecil apapun harus kita hindari, jangan sampai hewan yang dipilih ada cacat dalam fisiknya, seperti , buta, kakinya pincang, tidak ada buntutnya, maka itu salah satu yang menjadikannya tidak sah.

3. Lihat NAFSU MAKAN hewan yang akan dipilih.

Nafsu makan hewan tersebut juga harus kita perhatikan karena akan meyakinkan kita bahwa hewan tersebut ada dalam kesehatan yang prima, yang bisa dilihat diantaranya dari nafsu makannya, karena jika yang akan kita pilih nafsu makannya tidak baik, kemungkinan hewan tersebut sedang sariawan hehehe....apalagi sedang flu...maka jangan dipilih, ini sangat penting, dan bila perlu jangan segan kita langsung yang beri makanan ternak tersebut, supaya yakin akan kesehatannya.


4. Perhatikan Semua Organ Tubuh Hewan yang akan menjadi pilihan kita

 Tipsnya mudah saja kita ajak ngobrol santai sang pemilik hewan ternak tersebut, terus kita lihatin deh semua hewan yang ada satu persatu, yang teliti yah perhatiinnya, seperti merhatiin si Doi dulu...wkwkw, jangan sampai kita salah pilih. Pilih hewan yang pada bagian matanya bersih, hidungnya, anusnya , pokoknya semua perhatikan

hewan qurban yang akan dijadikan sembelihan yang memiliki kriteria sehat, diantaranya kelopak mata bagian dalam dengan warna pink.tapi jangan dibocorin ke peternak, nanti hewan qur'bannya di dandanin hehehe....., Kemudian Hidung terlihat basah, bersih, dan ingat tidak mengeluarkan cairan yang pada umumnya berwarna merah terang. Selain itu perlu kita perhatikan, yang terpenting adalah proporsi tubuh hewan yang standar, untuk sapi dan kerbau tulang punggungnya harus lumayan rata, tanduk-tanduknya seimbang, tidak panjang sebelah, keempat kakinya seimbang, dan postur tubuhnya ideal.


Makna pandangan ideal yang bisa kamu lihat sobat, lihatlah melalui kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang. Yang terakhir yang perlu diperhatikan adalah anus, karena jika pada bagian anus kotor maka jelas si hewan sedang dalam kondisi tidak baik dalam sistem pencernaannya. Jangan yang ada korengnya, intinya jika mau yang ideal , kita sebagai pembeli harus selektif dalam memilihnya.

5. Dimana Tempat Pilihan Sobat Memilih hewan qur'ban

Nah teman, ini yang terpenting, setelah 4 point diatas dibaca , point ini yang lebih penting, karena berhubungan dengan keuangan yang tersedia, maka belilah yang baik sesuai pilihan tadi, namun tetap harus diperhatikan keuangan yang tersedia.

Jadi kriteria hewan yang baik dapat kita simpulkan, perhatikan usianya, harus sudah 12-18 bulan untuk domba atau kambing , sapi dan kerbau 22 bulan , perhatikan fisiknya , bila perlu semua organ tubuhnya, lihat nafsu makannya dan terakhir perhatikan dimana tempat hewan qur'ban tersebut yang akan kita pilih atau dibeli.

Mungkin ini yang dapat kang haqie sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.


0 Response to "5 Cara Memilih Hewan Qur'ban yang baik, ini tipsnya..!!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel