Kajian Lengkap Puasa Ramadhan

Sahabat Kang Haqie yang dimulyakan Alloh SWT, kali ini akan sedikit menuliskan kajian tentang puasa Ramadhan. 
Kajian Lengkap Puasa Ramadhan – Segala puji bagi Allah, kang haqie mengajak semua untuk bersama-sama bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikanNya kepada kita semua, nah untuk mengawali kajian tentang Puasa Ramadhan kita mulai saja dengan hal yang sudah biasa terdengar oleh kita dari berbagai sumber ahli ilmu.

Kajian Lengkap Puasa Ramadhan

Pengertian Puasa Ramadhan

Puasa dalam pengertian secara bahasa adalah AL IMSAKU artinya menahan, sedangkan menurut Istilah pengetiannya adalah menahan segala sesuatu yang dapat menyebabkan batalnya puasa dari mulai fajar sampai terbenam matahari.

Sejarah Singkat di perintahkan Ibadah Puasa Ramadhan

Sahabat yang di rahmati Alloh....kenapa kita harus tahu, sejarah awal mula diperintahkannya ibadah puasa ramadhan, ini loh sahabat alasannya , takutnya kita berpuasa hanya ikut-ikutan saja, apalagi hanya ikut trend saja, wah jika seperti ini apalah arti sebuah dari pengorbanan haus dan lapar tidak aka nada manfaatnya, dan bila sewaktu-waktu ada yang bertanya, bias dari anak cucu kita nanti, atau bisa jadi dari diantara teman kita ada non muslim yang bertanya, tentang ramadhan, jika kita sudah mengetahuinya enak kan tinggal jawab aja dengan ringan.
Sejarah awal mula diperintahkan puasa ramadhan yaitu pada tanggal 10 Sya’ban pada tahun ke 2 Hijriyah. Lebih tepatnya yaitu pada 1 ½ tahun setelah kaum mulimin hijrah dari kota Mekkah ke Madinah dan itu terjadi pada waktu pemindahan kiblat dari Masjidil Aqsha ke Masjidil haram.

Niat Puasa Ramadhan

Sahabat semua tentu sudah tahu , kenapa seluruh ibadah ada niatnya, karena itu merupakan landasan utama dalam setiap amal ibadah, maka sesuai dengan Hadist Nabi SAW :
Innamal ‘Amalu Biniyat
artinya, sesungguhnya semua amal perbuatan itu tergantung dari pada niatnya.
Nah sekarang kang haqie akan menuliskan lapad niat puasa Ramadhan yang biasa kang haqie pakai, bila berbeda taka apa-apa, jangan sungkan untuk berkomentar, mana lapad niatnya :
NAWAETU SHAUMA GHODIN ‘AN ADAI, FARDHU SYAHRI ROMADHONA HADIHISSANATI LILLAHITA’ALA artinya :
Saya niat puasa ramadhan fardhu karena Alloh Ta’ala (kurang lebih begitu intinya).
Niat Berbuka Puasa Ramadhan
Nah lalu sahabat yang kita lakukan dalam sunnah rosul, yaitu berdoa ketika berbuka, dan bersegera berbuka,  dalam berbuka tentu kita sudah pada tahu, doa nya, mana dintaranya,

Doa Berbuka Puasa

Allohuma Laka Shumtu Wabika Aamantu Wa’ala Rizqika Afthortu Birahmatika Yaa Arhamarrahiin.
Begitulah kira-kira, setelah itu barulah kita teruskan menyantap makanan buka puasa dengan tidak berlebihan, secukupnya saja.

Hikmah Puasa Ramadhan

Hikmahnya sangat banyak, namun untuk dalam tulisan sederhana ini akan menuangkan hikmah beberapa saja , mana diantaranya :
1. Dapat merasakan lapar dan haus, yang dirasakan oleh orang-orang yang kebetulan nasibnya belum beruntung, sehingga hikmahnya kita semua bisa lebih memperhatikan yang demikian, bila keadaan kita lebih baik atau beruntung nasibnya.
2. Dalam keseharian kita beraktifitas, yang paling utama adalah organ penting yaitu lambung selalu bekerja extra keras dalam melembutkan makanan yang kita konsumsi, maka dengan puasa sebulan penuh, maka si lambung beristirahat menggiling makanan pada waktu siangnya.
3. Hati akan lebih lembut dalam melaksanakan segala perintahNya, karena dalam haus dan lapar itu menyimpan rahasia tertentu, yang dapat menyebabkan hati jadi lembut. dan banyak lagi hikmah-hikmah yang terkandung dalam ibadah puasa ramadhan.
Amalan Pada bulan Puasa Ramadhan
amalan yang harus kita lakukan juga sangat banyak, karena kita sudah pada tahu bulan ramadhan adalah bulan istimewa, yang semua amalan serba dilipatgandakan, oleh karenanya, amalan apapun itu akan bernilai tinggi pahalanya, itupun tentunya tergantung keikhlasannya. diantara amalan yang harus kita laksanakan pada bulan ramadhan, diantaranya :
1. Tilawatil Qur'an, ingat bulan suci ramadhan satu paket dengan Al-Qur'an, karena al-quran diturunkan pada bulan ramadhan, maka dengan itu jangan sampai kita tidak membaca sama sekali Al-quran itu. pergunakan waktu sebaik mungkin , jangan sia-siakan, keistimewaan Alqur'an yang diberikan Alloh, mungkin tidak akan diraih lagi, karena mungkin usia kita tidak sampai pada ramadhan yang akan datang.
2. Shalat Sunnat Tarawih, sholat sunat tarawih merupakan sholat penyempurna dari ibadah puasa ramadhan, maka jangan lupa , shalat tarawihlah, jangan ditinggalkan.
3. I'tikaf di Mesjid, perbanyak i'tikaf di mesjid, apalagi ketika menjelang 10 terakhir pada bulan ramadhan itu lebih dianjurkan.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan ramadhan sangat jauh dibanding dengan bulan-bulan yang lain, bahkan bulan ramadhan disebut dengan Sayyidussyuhur (rajanya bulan) karena apa karena didalamnya penuh dengan berkah , keistimewaan, dan pahala berlipat ganda, bahkan dalam bulan ini dibagi menjadi 3 bagian.
1. 10 hari pertama disebut rahmat Alloh
2. 10 hari kedua disebut Magfirah (ampunan Alloh)
3. 10 hari ketiga pembebasan dari api neraka
dan terkahir keutamaannya adalah di bulan ramadhan ada malam yang lebih baik dari 1000 bulan yang kita kenal dengan malam laelatul qodar.
semoga bermanfaat, walau hanya tulisan sederhana ini, semoga jadi amal kebaikan bagi yang banyanya dan yang menulisnya aamiin.

ditulis : tanggal, 02 Mei 2017 / 07 Ramadhan 1438 H
oleh : Kang Haqie Zakaria

 


0 Response to "Kajian Lengkap Puasa Ramadhan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel