10 Malaikat yang Wajib diketahui serta Tugas-tugasnya

10 Malaikat yang Wajib diketahui serta Tugas-tugasnya - Sahabat kang haqie semua, kali ini akan sedikit mengulas yang mungkin sahabat telah hapal dari kecil waktu dibangku SD, namun tidak ada salahnya kita bersama-sama mengingat kembali, dan bukan hanya di ingat tapi harus seterusnya disimpan dalam hati karena dengan mengetahuinya kita akan termasuk menjadi manusia beriman, karena apa ? karena termasuk rukun iman. mari kita sebutkan satu persatu, nama-nama malaikat.

10 Malaikat yang Wajib diketahui serta Tugas-tugasnya

Yang Pertama MALAIKAT JIBRIL

Malaikat Jibril merupakan malaikat yang sususnannya, nomor datu, dan jibril merupakan pembawa wahyu, atau penyampai wakyu ilahi yang disampaikan ke para nabi dan rosul semua, tugasnya tidak putus samapai hari kiamat tetap pembawa wahyu, namun , untuk yang sekarang tidak berupa mu'zizat atau yang lainnya, akan tetapi berupa ilham kepada orang-orang shaleh.
Firman Alloh SWT dalam QS. Asyu'ara 26 : 192-194

10 Malaikat yang Wajib diketahui serta Tugas-tugasnya
artinya : dan sesungguhnya Al-qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia di bawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin (Jibril), kedalam hatimu (Muhammad) agr kamu menjadi salah seoarang diantara orang-orang yang memberi peringatan.

Nah itulah bukti dari tugas Malaikat yang pertama yaitu Jibril sebagai penyampai Wahyu dari Alloh untuk disampaikan lagi kepada Ummatnya.

Yang Kedua Malaikat Mikail

Mikail diserahi tugas oleh Alloh SWT sebagai pengatur rezeki kepada semua makhluk, mengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan. dan itu wajib kita imani sahabat kang haqie , jangan sampai ada sedikit dalam hati kemang-mangan terhadap salah satu malaikat.

Yang ketiga adalah Malaikat Israfil

Malaikat yang satu ini tugasnya adalah sebagai peniup sangkakala pada hari kiamat, tiupan pertama untuk menghancurkan alam dunia dan semua isi yang ada di dunia ini, termasukmatinya seluruh makhluk hidup . Tiupan kedua, untuk membangkitkan seluruh umat manusia dan selanjutnya diumpulkan di sebuah padang , yang tak lain adalah padang Mahsyar untuk di hisab oleh Alloh SWT.
Yang ke 4 adalah Malaikat Izrail
Tugas malaikat Izrail adalah sebagai pencabut nyawa setiap makhluk. Malaikat Izrail sering dsebut juga dengan malakal maut.

Yang ke lima dan ke enam adalah Malaikat Munkar Nakir

malaikat munkar dan nakir diberi tugas untuk menanyai umat manusia di alam kubur. Karena semua manusia akan dimintai pertanggung jawaban semasa hidupnya di dunia, maka sebagai tanda akan selamat di akhirat nanti , maka dalam setiap pertanyaan yang di lontarkan oleh kedua malaikat, akan lulus dan terjawab dengan baik. dan semoga saja kita semua termasuk orang-orang yang selamat dunia dan akhirat . Aamiin.

Yang ketujuh Malaikat Raqib

Malaikta ini diberi tugas sebagai pencatat amal baik semua perbuatan manusia, tak akan terlewat satupun dari catatan malaikat raqib secuil pun tidak ada yang tak tertulis

Yang ke 8 adalah malaikat Atid

Tugasnya adalah mencatat semua amal perbuatan manusia yang buruk, apapun yang kita lakukan yang buruk yang belum kita taubati , meminta mapunan kepada Allah SWT, maka akan dituliskan sebagai amal yang jelak. Firman Alloh SWT QS Qof ayat 18
10 Malaikat yang Wajib diketahui serta Tugas-tugasnya

artinya : Tiada suatu ucapan yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat Pengawas yang selalu hadir (QS. Qaf 18 )
Yang ke 9 dan 10 Malaikat Malik dan Malaikat Ridwan
Tugas nya diantaranya Malaikat Malik ditugaskan untuk menjaga pintu neraka keterangan dalam QS. AzZukhruf ayat 77-78
dan yang terkahir adalah Malaikat Ridwan yang tugasnya untuk menjaga pintu surga, dan semoga kita semua masuk kedalam surga yang di jaga oleh malaikat Ridwan. dalam firmannya Alloh SWT berfirman :
yang artinya :

(yaitu)Syurga 'Adn yang mereka masuk kedalamnya, bersama-sama dengan orang-orang yang shaleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat masuk ketempat-tempat mereka dari semua pintu (sambil mengucapkan) salamun alaikum bima tuhbarun, maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. (QS Ar-Ra'du ayat 23-24)

Nah sahabat semua, lalu apa fungsi Iman kepada malaikat Alloh SWT, kita tentu harus tahu sobat fungsi iman kepada para malaikat, dintara fungsinya adalah :
Fungsi Iman Kepada Malaikat :
1. Semakin mengimani atau meyakini akan kebesaran , kekuatan dan kemahakuasaan Allh SWT
2. Bersyukur kepada-Nya, karena telah menciptakan para malaikat
3. merasa takut dalm kemaksiatan, karena yakin perbuatannya akan di tulis oleh malaikat yang di tugasi untuk mencatat semua amal perbuatan yang buruk.
4. menumbuhkan rasa cinta kepada amal perbuatan yang baik, shalih, karena mengetahu ibadah para malaikat.

nah itu diantara fungsi iman kepada para malaikat, semoga kita termasuk orang-orang yang mengimaninya, karena jika tidak, ataupun hanya mang-mang saja maka keimanannya perlu dipertanyakan.
semoga bermanfaat, dan silahkan ditambahi bila terdapat kekurangan , apabila da yang salah mohon untuk di koreksi untuk membangun web ini kedepan lebih baik.



0 Response to "10 Malaikat yang Wajib diketahui serta Tugas-tugasnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel