Khutbah Jumat Singkat - Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Khutbah Jumat Singkat - Menyambut Bulan Suci Ramadhan - Dalam Kesempatan ini akan menulis tentang contoh khutbah jumat, kebetulan sebantar lagi bulan Ramadhan, maka tepat sekali tema yang akan disampaikan adalah tentang Ramadhan. Karena sekitar 1 bulan lebih kita akan melaksanakan puasa ramadhan. ini adalah contoh teks khutbah jumat tentang Ramadhan.

Khutbah Jumat Singkat - Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Tema Khutbah : Mari Kita Sambut Bulan Ramadhan 1440 H

  اَْلحَمْدُ للهِ الّذِى جَعَلَ شَهْرُالصيَامَ شَهْرٌمُبَارَكٌ اَشْهَدُ اَنْ لاالَهَ الاَّالله اَلْمَلِكُ الحَنّانُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمَبْعُوْثُ اِلَى الْاِنْسِ وَالْجَانِّ اللهمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمّدِنِ الصَّادِقِ الْمَصْدُوْقِ فِى طُوْلِ الزَّمَانِ وَعَلَى الِهِ وَاَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ اِلَى اَخِرِ الزَّمَانِ فَيَاعِبَادَالله اُصِى وَنَفْسِى بِتَقْوَىالله فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْنَ اَعُوْذُبِااللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الّر جِيْمِ


Khutbah Jumat Singkat - Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Hadirin Sidang Jumat Rohimakumullah

Tanpa terasa Ramadhan akan segera datang,  hari demi hari, bulan demi bulan terlalui begitu saja, dan sekrang tidak terasa bulan yang penuh dengan rahmat, penuh dengan keberkahan, penuh dengan pengampunan akan segera datang menghampiri kita, yang harus dipertanyakan pada diri kita masing-masing adalah " Apakah dalam hati kita sudah ada perasaan bahagia? "

Jika belum ada rasa bahagia, maka masih ada waktu  kedepan untuk mengokoreksi diri kita masing-masing, ada apa, dan salahnya dimana, sampai-sampai akan kedatangan Bulan yang sangat Istimewa hati kita atau perasaan kita belum ada perasaan bahagia.

Kenapa harus introspeksi ? Karena takutnya ada yang salah pada diri kita, takutnya perasaan bahagia tertutupoleh saking banyaknya dosa, untuk itu dalam 1 bulan kedepan sebelum Ramadhan datang mari kita bersihkan diri kita, bertaubat kepada Alloh SWT, saling memaafkan antar sesama, agar menjelang datang bulan penuh berkah ini, hati kita diberikan perasaan bahagia oleh Alloh SWT, yang mana bila seseorang bahagia dengan kedatangan bulan suci Ramadhan maka Alloh SWT mengharamkan Jasadnya dimasukan ke dalam api neraka, sebagaimana dalam Hadist Rosulullah SAW bersabda :
مَنْ فَرِّحَ بِدُخُوْلِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلَى النِّرَانِ

Artinya : barang siapa orang yang merasa bahagia akan kedatangan bulan suci Ramadhan, maka Alloh SWT mengharamkan jasadnya masuk kedalam api neraka.

Hadirin Sidang Jumat Rohimakumullah
 
Selanjutnya, Apa yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan ? Yang Pertama adalah :
  • Persiapkan Pisik, Kesehatan
Kenapa Kesehatan dan Pisik sangat diperlukan dalam menyambut bulan puasa ramadhan, karena , puasa merupakan salah satu ibadah yang didalamnya menahan makan dan minum serta menahan dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari, ini sungguh memerlukan kesehatan yang baik, dan paling utama kita bisa untuk memaksimalkan amal ibadah selama bulan Ramadhan. dan Modal utamanya adalah Kesehatan dan pisik yang baik
  • Yang Kedua : Persiapan Keimanan
Keimanan merupakan salah satu hal yang harus disiapkan untukmenyambut bulan suci ramadhan, karena kita tahu dalam hadist Rosulullah SAW bersabda :

اَلْاِيْمَانُ يَزِيْدُ وَيَنْقُصُ
Artinya : Iman itu terkadang nain dan terkadang juga turun

Nah untuk mempersiapkan diri menyambut bulan penuh rahmat ini, diperlukan keimanan yang terbaik, karena tidak akan muncul rasa bahagia ketika datang bulan penuh magfirah ini, jika keimanan kita sedang dalam keadaan turun. Untuk itu marilah kita tingkatkan keimanan kita masing-masing supaya pada waktunya datang bulan ramadhan hati kita dipenuhi rasa kebahagian yang dipancarkan lewat keimanan.

Hadirin Sidang Jumat Rohimakumullah
  • Yang Ketiga : Persiapan Kesabaran
Kesabaran merupakan hal yang tidak kalah penting dari persiapan-persiapan sebelumnya, dalam menyambut bulan penuh berkah, karena Kesabaran sebenarnya adalah buah dari keimanan dan keimanan akan bertambah terus jika kita dalam pelaksanaan ramadahn dilakukan dengan baik.
Jika Kesabaran tidak dipersiapkan, bagaimana akan lulus dalam melaksanakan ibadah yang cukup berat ini, karena godaan dan tantangan dalam bulan suci ini, akan sangat berat, apabila bila tidak disiapkan kesabaran dari awal. untuk itu mari tingkatkan kesabaran untuk memaksimalkan dan meraih pahala yang terbaik pada bulan penuh berkah ini.

Kesimpulan dari Khutbah Jumat ini, semoga kita semua, terkhusus, khotib dapat mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci ramadhan , karena tanpa persiapan yang matang bisa saja, amal ibadah kita tidak akan maksimal, semoga kita semua mendapatkan rasa bahagia ketika datang bulan suci ramadhan, dan semoga pada waktunya kita semua diberikan kesehatan, kesabaran dan keimanan yang dapat memaksimalkan amal ibadah selama bulan ramadhan. Aamiin Yaa Robbal'alamiin.

0 Response to "Khutbah Jumat Singkat - Menyambut Bulan Suci Ramadhan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel