Kang Haqie - Penyebab Hati Mati dan Cara Menghidupkannya ..

Penyebab dan Akibat QOLBU Mati Bagi Kehidupan Manusia | Salam sobat semua Kang Haqie, kali ini akan sedikit, menyampaikan tentang sebab-sebab matinya hati atau Qolbu, dan apa akibatnya jika itu terjadi..?, Sahabat semua kita semua mempunyai hati, dan hati ini sangat berpengaruh akan keselamatan hidup ini didunia sampai maupun di akherat. Maka siapa orang yang hatinya baik, maka baiklah semua anggota tubuhnya dan sebaliknya jika hatinya buruk, maka buruklah semua anggota tubuhnya.

Sebab-sebab Menghidupkan hati serta Manfaatnya


Sahabat semua, betapa pentingnya kita mengurus hati, agar kita semua, dikehidupan akhirat akan selamat, maka dari itu apasaja yang harus dilakukan sehingga hati kita akan selalu dalam keadaan baik. Inilah yang perlu kita lakukan untuk kebaikan kita semua. Kita perhatikan apa saja cara yang dapat menghidupkan hati manusia.

Sebab-sebab Hidupnya Qolbu Manusia

Sahabat semua hidup dan matinya hati manusia tentunya ada sebabnya maka kita harus tahu , apa penyebab hati menjadi terus hidup, diantaranya :


  1. الز هد فى الدنيا  Zuhud Terhadap dunia
  2.  والاستغال بذكرالله  Khusu' terhadap dzikir kepada Allah
  3. وصحبة اولياء الله Berteman dengan orang yang dekat kepada Alloh

Zuhud Terhadap Dunia

Zuhud Terhadap dunia, bukan berarti kita meninggalkan dunia, tentu jika ada yang memaknai zuhud terhadap dunia, kita harus meninggalkan dunia, kenikmatan dunia, dan apa-apa yang berhubungan dengan dunia, tentu itu pengartian yang salah, namuan zuhud terhadap dunia ini, hati yang haru jauh-jauh dari dunia, adapun jasmani kita tentu dibolehkan , dalam kehidupan sehari-hari tentu kita memmpunyai kebutuhan, dan kebutuhan itu perlu kita tunaikan. seperti contoh kita berangkat ke kantor, sekolah ataupun kemana saja yang jaraknya terlalu jauh , maka diperlukan kendaraan , baik naik kendaraan umum, atau milik sendiri, nah orang yang juhud tidak serta merta meninggalkan hal itu, tetapi hati kita yang dijauhkan dari harta benda, karena semuanya hanya milik Allah, jadi naik kendaraan dilaksanakan tapi hati kita selalu mengingat-Nya karena bagaimanapun kendaraan pada hakikatnya kita bisa beli kendaraan atau bayar kendaraan umum, kita cuma dititipkan uang saja untuk membeli atau membayarnya saja, semua milik-Nya, jangan sampai kita merasa memiliki dalam hal apapun, mau harta benda , keluarga dan apapun yang berkaitan dengan dunia, bahkan diri kita sendiri hanya milik allh, jadi kesimpulannya orang yang zuhud terhadap dunia, diamnahi dunia sebesar apapun , maka hatinya akan selamat dari rasa memiliki, karena semua itu hanyalah amanah, titipan, dan jikalah suatu saat nanti diambil oelh yang punya maka hati kita tidak akan terlalu panik apalagi sampai tidak sadar. Sobat sekalian cara seperti inilah yang dapat menghidupkan hati, hati yang sudah bisa seperti yang tadi contohkan, itulah hati yang hidup, siapa hati yang hidup tentunya hati orang-orang yang beriman.

Khusu' terhadap Dzikir Kepada Alloh SWT

Sahabat sekalian focus dalam berdzikir kepada Allah SWT, merupakan poin kedua supaya kita yang punya hati, hidup hatinya, maka lakukannlah...!! Kita semua harus mencoba dan terus mencoba, untuk belajar focus, khusu'dalmberdzikir, tidak terganggu dengan hal-hal dunia, karena orang yang beriman, akan sadar dunia ini hanya sementara, oleh karenanya lebih mengutakan dzikir yang terfocus daripada hatinya terganggu dengan pengaruh dunia. Itulah cara kedua untuk menghidupkan hati.

Bertemanlah dengan orang yang dengan dengan Alloh

Kita semua tahu, teman merupakan salah satu yang berpengaruh terhadap mati dan hidupnya hati kita, jika kita bergaul dengan orang-orang yang sukanya menjaduh dari alloh dengan berbuat maksiat dan lain sebagainya, maka tidak dipungkiri hati kita akan mati, tapi sebaliknya jika hati kita mau hidup dan mau selamat maka bergaulah dengan orang-orang yang berusaha mendekatkan diri kepada Alloh SWT. karena dengan cara itulah hati kita akan ikut hidup. Jika hati kita hidup, maka jalan kehidupan sekeras apapun jalan kehidupannya, jika hati kita hidup, dengan cara -cara diatas yang disampaikan , kita tidak akan terpengaruh dengan apapun. Karena ibarat kita berjalan dalam keadaan gelap, maka walaupun jalan itu lurus dan lembut jalannya tidak berlobang-lobang, maka kita akan sulit mencari jalan yang benar, sebaliknya jika kita berjalan dalam keadaan terang benderang, jangankan jalan yang lurus dan bagus, walaupun jalannya berlobang, dan banyak belokan, maka akan selamat sampai tujuan karena , dalam keadaan terang, kita dapat memilih dan memilah mana jalan yang terbaik untuk kita. itulah gambaran bila hati seseorang hidup atau terang.

Manfaat dari Hati Manuasia Hidup

Sobat sekalian jika hati kita hidup, maka kita akan ada dalam keselamatan dunia maupun akhirat, karena dengan hidupnya hati manusia, maka akan tercipta beberapa hal diantaranya :

1. akan terus bertambah keimannya, karena dengan hati yang hidup, akan terus berupaya untuk meningkatkan keimanan
2. Akan selalu beramal kebaikan, karena dengan hati  yang hidup, akan tahu bahwa dengan beramal kebaikan maka rahmat alloh akan turun
3. Berwasiat akan kebenaran
4. Berwasiat akan kesabaran

Sahabat semua itulah yang dapat kang haqie sampaikan semoga kita semua berupaya supaya hati yang ada dalam diri kita masing-masing menjadi jalan keselamatan bagi kita semua yang berupaya untuk menghidupkan hati dengan cara-cara yang tadi disampaikan. terima kasih\

semoga bermanfaat.



0 Response to "Kang Haqie - Penyebab Hati Mati dan Cara Menghidupkannya .."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel