Khutbah Jumat Singkat Terbaru " 3 Hal Yang tidak Boleh Hilang pada Diri Manusia "

Khutbah Jumat Singkat Terbaru " 3 Hal Yang tidak Boleh Hilang pada Diri Manusia " Pelaksanaan Khutbah jumat memang dianjurkan tidak terlalu lama, karena jika terlalu lama dikhawatirkan akan mengganggu ke khidmatan sholat jumat itu sendiri, maka dari itu membuat contoh teks khutbah jumat yang singkat, namun apabila sahabat mau memperpanjang lagi atau menambahkan lagi spaya agak panjangan dikit yang silahkan saja, ini hanya sebagai contoh saja.



Tema Khutbah : 3 Hal yang Tidak Boleh Hilang pada diri Manusia

Khutbah Jumat Singkat Terbaru " 3 Hal Yang tidak Boleh Hilang pada Diri Manusia "

Hadirin Rohimakumulloh

Dalam kesempatan ini khotib akan membawakan tema khutbah " 3 Hal yang tidak boleh hilang pada diri kita semua " namun sebelumnya khotib berpesan mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT, karena hanya dengan iman dan taqwa kita semua akan selamat hidup di dunia sampai akherat.
Hadirin Sidang jumat Rohima kumulloh
Apa yang tidak boleh hilang pada diri kita semua, ada tiga hal yang tidak boleh hilang pada diri kita masing-masing, karena terlalu berbahaya jika 3 hal tersebut sirna pada diri kita.

Yang Pertama : Roja atau Harapan 

Hadirin Rohimakumulloh..!!

Harapan dari siapa? tentunya harapan dari Alloh SWT, Firman Alloh SWT dalam QS. Al Insyiroh : 8

والى ربّك فارغب 
artinya : dan Hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap

Semua orang diharuskan selalu berharap hanya kepada Alloh Semata. seperti halnya kita berharap, mau diselamatkan dari kehidupan dunia dan akhirat, mau diampuni segala dosa, mau ketika meninggalkan dunia fana ini dengan khusnul khotimah dan sebagainya.

Hadirin Rohimakumulloh..!!

Tentunya harapan -harapan seperti itu harus tetap dikawal dengan usaha-usaha yang sesuai dengan harapan tersebut, karena jika harapan kita tidak sesuai dengan apa yang kita usahakan, maka harapan itupun tidak akan ada artinya..., contoh kita berharap nanti selamat dikehidupan akhirat, maka apa usaha kita untuk mencapai harapan tersebut, tentunya kita harus menjalani kehidupan ini dengan berbagai amal kebaikan.

sebagaimana Firman Alloh SWT dalam QS. Al Kahfi ayat 110

فمن كان يرجوالقاءربه فليعمل عملا صالحا ولايشرك بعبادة ربه احدا

Lalu apa yang sudah kita perbuat selama hidup ini, apa sudah cocok kah harapan kita dengan apa yang kita usahakan ? jawabannya ada pada diri kita masing-masing.

Hadirin Sidang jumat Rohimakumulloh..!!

Yang Kedua : Kaikhlasan

Semua orang perlu ditanamkan dalam hatinya rasa keihlasan dalam segala aktifitas yang kita lakukan sehari-hari, Karena itu sudap diperntahkan Alloh SWT, sebagimana firmannya dalam QS : Al bayinah 98 : 5

Contohnya : seperti ikhlas para pejabat melayani rakyatnya, jangan sebaliknya pejabat yang ingin dilayani rakyatnya, ikhlas para guru-guru, dari mulai KH, Ustadz dalam menyampaikan ilmu-ilmunya, dan lain sebagainya yang lebih jelas apapun status sosialnya dan apapun profesinya, keihlasan sangat penting berada pada diri kita masing-masing. Apa hikmahnya karena Syetan pun tidak akan manpu untuk menyesatkan orang-orang yang murni atau ikhlas dalam kehidupannya sebagaimana Firman Alloh SWT dalam QS : Shaad 38 : ayat 82-83 ..?

artinya : Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka.

Hadirin Sidang jumat Rohimakumulloh..!!
 
Karena Keikhlasan merupakan ruhnya ibadah, ruhnya amal kebaikan, maka hidup dan tidaknya ibadah seseorang tergantung keikhlasannya. Maka dari itu Tanamkanlah keikhlasan dalam segala hal.

Yang Ketiga : yang tidak boleh hilang adalah Kejujuran

Dalam kehidupan sehari-hari kejujuran dalam berbagai hal sangat dibutuhkan, karena selain perintah agama itu merupakan sebuah harga untuk diri kita masing-masing,

Oleh karena itu, kejujuran jangan pernah hilang dalam diri kita masing-masing.

Hadirin Sidang jumat Rohimakumulloh..!!

Semoga saja dengan penjelasan ini , kita semua lebih menyadari, betapa pentingnya 3 hal tersebut, pada diri seseorang, oleh karena itu marilah kita semua lebih menjaga, dan memupuk sipat-sipat yang telah tadi telah di sampaikan. dan mudah-mudahan kita semua selalu mendapatkan pertolongan Alloh SWT, untuk selalu memupuk dan menanamkan sifat-sifat tersebut. Aamiin Yaa Robbal'Alamiin.

 

Sahabat semua, ini hanya contoh khutbah jumat singkat terbaru, Semoga bermanfaat dan menjadi salah satu referensi sahabat semua, apalagi yang akan menjadi khotib jumat tentunya suka melihat-lihat contoh khutbah jumat terbaru singkat. dan mudah-mudahan bila bermanfaat , kalian semua dapat membagikan tulisan ini terima kasih.
Wassalamu'alaikum.







0 Response to "Khutbah Jumat Singkat Terbaru " 3 Hal Yang tidak Boleh Hilang pada Diri Manusia ""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel