Beberapa Tanaman Herbal Yang Berkhasiat yang ada di BUmi Tercinta Indonesia

Beberapa Tanaman Herbal Yang Berkhasiat yang ada di BUmi Tercinta Indonesia - Salam sobat Kang Haqie, kali ini akan menuliskan sebuah tema Tanaman Herbal yang Berkhasiat di Negera Indonesia Tercinta, sungguh kaya neggara kita Indonesia, selain keanekaragaman sukunya, ternyata tanaman herbal berkhasiatnya juga sangatlah banyak, bahkan mungkin tanaman itu berda disekitar sobat sekalian, namun mungkin dengan kurang mengerti dan tidak tahu, maka tanaman itu kadang dibiarkan begitu saja. Mari kita simak apa saja Tanaman Berkhasiat yang mungkin ada di sekitar kita.


Aneka Tanaman Herbal Berkhasiat disekitar kita

Buah Manggis

Buah Manggis selain rasanya manis, ternyata khasiat yang terkandung dalam buah manggis sangatlah baik bagi kesehatan, dan akhir-akhir ini manggis sangat terkenal untuk mengobati kanker, stroke ,Diabetes, semuanya sangat berguna mulai dari biji, isinya serta kulitnya, kita tahu daging buah manggis mengandung vitamin C, yang sangat baik untuk antibody atau ketahanan tubuh, sama halnya dengan buah-buahan yang mengandung vitamin C, dan yang paling utama, sekarang banyak para pakar kesehatan di bidang herbal, banyak menggunakan ekstrak dari kulit manggis untuk dijadikan obat herbal yang diracik khusus untuk pengobatan penyakit dalam.

Kunyit

Sudah dari jaman penjajahan kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak dipergunakan untuk pengobatan, dan memmang demikian kunyit sangat berkhasiat dan ampuh untuk mengobati penyakit kulit, dan melancarkan metabolisme tubuh. Dan sekarang ini kunyit justru banyak dipakai untuk salah satu bahan untuk diet sehat, karena sangat efektif dalam mengecilkan perut, dan banyak juga digunakan untuk bahan olahan jamu untuk menyegarkan tubuh, mengatasi pegar linu, bahkan dapat digunakan untuk ramuan pelancar haid atau datang bulan.

Jintan Hitam

Biasanya Jintan Hitam ini banyak digunakan untk bahan bumbu dapur, memang rasanya pahit jika dikonsumsi langsung, tapi jangan salah khasiat dan manfaatnya justru bikin kita terpanan hehee....tidaka terpana bagaimana, jintan hitam ini berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit paru-paru stroke, dan meredakan hipertensi, cara pengolahannya bisa bermacam-macam tergantung selera masing-masing, bisa seduh bersama teh dan kita tunggu sampai air seduhan hangat, dan saringlah supaya jintan hitamnya tidak ikut terminum. itulah khasiat dan manfaatnya jintan hitam , namun diperkirakan banyak lagi khasiat selain dari pada itu.

Belimbing Wuluh

Buah yang satu ini jangan ditanya rasanya, karena siapapu yang langsung mengkonsumsinya akan langsung tersenyum hehee, karena apa, karena saking asamnya, namun rasa yang asam tidak menghalangi orang untuk memakannya, karena khasiat dari buah ini ternyata dapat meredam sakit reumatik, pegal linu dan sariawan. caranya sangat mudah ya itu bisa dimakan langsung , jika tidak kuat dengan rasanya yang sangat asam , bisa menambahkan madu atau gula sedikit, dapat juga dijadikan penambah dalam menu masakan seperti dimasukan kedalam pepes ikan, atau sayur asam.

Daun Cincau

Daun Cincau sangat disukai oleh berbagai kalangan karena rasanya dingin dapat menyembuhkan panas dalam, dan dapat dikonsumsi secara bersamaan dengan es batu dicampur gula, jadilah es cincau, namuan jangan kaget ternyata khasiatnya sangat luar biasa, bila sobat terserang demam, maag, diabetes mellitus dan tipes, sobat mungkin dapat menjadikan alternatif pengobatan tradisional dengan daun cincau tersebut, ada dua macam cincau, ada yang hijau ada yang hitam , namuan jangan khawatir keduanya sangat bermanfaat , cara pengolahannya bisa diremas-remas didalam air steril , lalu diamkan beberapa saat dan taaraaa....cincau sudah siapa untuk dimakan.

Temu Lawak

Temulawak atau koneng gede didaehku disebutnya, ini oelh masyarajat sekitar banyak dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan, namuan bukan itu saja, temulawak atau rimpang atau apalah tergantung daerah mungkin beda namanya, dapat digunakan untuk mengobati gangguan ginjal, dan menjaga kesehatan jantung, serta melancarkan sistem pencernaan. untuk hasil yang efektif tentu minumlah ramuan temulawak ini secara teratur dan berkelanjutan.

Selederi

Daun Seledri yang kita tahu mungkin hanya untuk mewangikan masakan, namun jangan salah daun seledri mengandung khasiat yang baik, karena seledri sangat rendah kalori, dan mengandung vitamin A, dan B1 serta mengandung kalium yang tinggi, hal ini sangat berguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, mencegah bibit kanker, dan menambah nafsu makan, cara pengolahannya selaian dipakai sebagai bumbu masakan, yaitu bisa dengan di Jus, dan minumlah secara teratur.

Lidah Buaya

Sudah tidak asing lagi jika disebutkan Lidah Buaya, karena dimasyarakat kita kebanyakan lidah buaya digunakan untuk perwatan rambut, namuan ternyata lidah buaya berkhasiat mengatasi gatal, dermatitis, kudis, selain itu ternyata dapat digunakan untuk mengatasi sembelit, diabetes dan radang tenggorokan yang mengganggu insya alloh dapat teratasi dengan lidah buaya ini, asal jangan teratur dalam mengkonsumsinya.

Kumis Kucing

Daun ini disebut dengan Kumis kucing karena ketika berbunga, maka bunganya akan mirip seperti kumis kucing, tanaman ini sudah sangat populer, karena banyak orang yang mengunakan daun kumis kucing ini sebagai obat untuk mengobati asam urat, kencing batu, diabetes, darah tinggi dan masuk angin, maka jika sobat menemukan tanaman ini cobalah untuk menanamnya, karena mungkin tetangga kita atau siapaun yang sedang memerlukan , jika kita telah menanamnya, maka tidak terasa kita telah beramal sholeh , karena telah membantunya.

Daun Jarak

Daun jarak ini, dulu sampai sekarang tetap populer, karena banyak dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat, yang khasiatnya dapat mengobati jamur pada kulit, reumatik, dan menormalkan pembengkakan akibat luka, caranya daun jarak ini bisa diremas -remas dan dibalurkan pada jamur , atau pembengkakan akibat luka tersebut, bahkan katanya bangsa penjajah belanda pun ikut -ikutan membawa pohon ini ke negerinya. saking ampuh dan mujarabnya.

Sambiloto

Tanaman ini mudah tumbuh dimana saja , terutama yang beriklim tropis, daun nya kecil-kecil dan penuh dengan biji-biji keil jika sudah agak tua tanamannya, apa Khasiat daun sambiloto yakni untuk mengobati demam, panas, obat sakit perut, dan kencing manis. Kita juga dapat ikut membudidayakannya, cengan cara menanamnya dihalaman rumah atau dikebun, kali saja ada yang membutuhkan, kita kasih saja secara cuma-cuma, karena dengan membantu orang lain, kita akan semakin baik dalam hal apapun, coba saja. Daun ini juga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit Diabetes, karena dapat menurunkan kadar gula berlebih dalam tubuh kita.

Putri Malu

Daun Putri malu merupakan Tanaman yang memiliki nama ilmiah Mimosa Pudica, dan apa saja manfaatnya, jangan kaget, sidaun pemalu ini ternyata sangat banyak digunakan pada dunia kesehatan, karena memberikan manfaat yang luar biasa, semua bagian tanaman ini sangat berkhasiat, olahannya itu dapat digunakan untuk mengobati, hepatitis, reumatik, batuk, dan mencegah datangnya insomis, caranya mudah, sobat dapat merebus semua bagian tanaman putri mau tersebut dan airnya diminum secara teratur pagi dan malam. 

Daun Kelor

Sebenarnya daun kelor, suka digunakan untuk sayuran, tapi apa yang pernah dilakukan oleh World Health Organization atau WHO pada tanaman ini, ternyata menobatkan tanaman ini sebagai obat ajaib dan unik untuk anak – anak. Dalam berbagai penelitian, Daun kelor ini dipakai untuk mengobati dan memperbaiki metabolisme tubuh, menyegarkan mata dan otak, sirkulasi darah yang tidak lancar , akan lancar dengan mengkonsumsi daun kelor ini. Maka sobat bisa menginformasikan kepada teman atau tetangga yang belum mengetahui manfaat dan khasiat daun kelor..

Sobat semua itulah yang dapat kang haqie sampaikan semoga informasi ini tidak berhenti di sobat tapi silahkan bagikan kepada orang terdekat atau teman atau siapa saja yang mungkin pada saat ini belum paham serta mengetahui manfaat atau khasiat tanaman-tanaman herbal yang ada disekitar kita. terima kasih. Semoga bermanfaat.




0 Response to "Beberapa Tanaman Herbal Yang Berkhasiat yang ada di BUmi Tercinta Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel