Contoh Materi Khutbah Jum'at Singkat " Jangan Sia-siakan Waktu "

Contoh Materi Khutbah Jumat Singkat " Jangan Sia-siakan Waktu " Saudaraku sekalian, kang haqie kali ini menulis Teks Khutbah Jum'at dengan Tema " Jangan Sia-siakan Waktu " Namun ini hanya sebagai contoh saja, mudah-mudahan dapat membantu sahabat sekalian, yang sedang mencari bahan untuk materi khutbah, adapula siswa MTS, SMP, yang ditugaskan mencari khutbah jumat, blog kang haqie bisa menjadi solusinya. kita mulai saja, namun mohon maaf tulisan arabnya hanya berbentuk gambar, kalau  mau memperbesar gambarnya tinggal klik saja pada gambar tersebut.

Tema : JANGAN SIA-SIAKAN WAKTU

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarakaatuh

Contoh Materi Khutbah Jum'at Singkat " Jangan Sia-siakan Waktu "
Dalil tentang Berharganya Waktu

Segala Puji hanya milik Alloh SWT,  Ucapan rasa syukur kepada Alloh SWT yang telah memberikan nikmat yang tak terhingga kepada kita semua, sampai detik ini tek henti-hentinya memberikan nikmat. Sholawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta Rosulullah SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, dan sampai kepada umatnya yang taat dan patuh terhadap ajarannya.

Selanjutnya Khotib berwasiat marilah kita tingkatkan ketaqwaan kepada Alloh SWT, yakni dengan menjalankan seluruh perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya,
karena kita tahu hanya dengan ketaqwaanlah kita semua dapat meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Ikhwanul Muslimin Rohimakumullah!

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, Khotib akan membawakan sebuah tema " Jangan Sia-siakan Waktu ".

Waktu merupakan hal terpenting dalam kehidupan, bahagia dan tidaknya hidup ini  tergantung seberapa besar kita dapat memanfaatkan waktu itu.
Jangan biarkan waktu itu berlalu begitu saja, tanpa diisi dengan kebaikan didalamnya, jangan sampai kita menyesal diakhir kemudian.

Contoh Khutbah yang lain Tema : Jangan Ikuti Langkah-langkah Syetan

Hadirin Sidang Jum'at Rohimakumullah.

Hidup didunia ini tentu ada batasnya, jangan sampai kita terlena dalam balutan keindahan dunia semata, sehingga kita lupa bahwa sang Maha Kuasa akan meminta pertanggung jawaban atas apa yang telah kita lakukan serta kita sia-siakan.

Maka dalam sebuah Hadist Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Bukhory


Yang Artinya : Dua Nikmat yang dari kedua nikmat itu banyak Manusia Tertipu,Terlena, Yaitu Nikmat Sehat dan Waktu Senggang ( HR. Bukhory no 6412 )

Dalam hadist ini, tentu kita bisa fahami, bahwa ternyata, dalam kenikmatan yang Alloh berikan kepada manusia, ternyata manusia itu sendiri , malah lupa dan malah asik dengan nikmat yang seharusnya dimanfaatkan untuk hal-hal kebaikan, padahal semuanya itu merupakan ujian yang harus kita lewati, dengan kata lain banyak manusia yang gagal tidak mampu memanfaatkan waktu dengan baik sehingga lupa akan segalanya. Naudzubillahimindzaalik.

Hadirin Jamaah Sidang Jum'at Rohimakumullah.

Semoga kita semua bukan termasuk orang yang gagal, karena orang yang gagal dalam memanfaatkan waktu akan digolongkan kepada orang-orang yang merugi. Sesuai Firman Alloh SWT, yang tadi Khotib bacakan dalam rukun khutbah QS. Al-'Ashr.

Yang Artinya : Demi Waktu Ashr, Sungguh manusia ada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Hadirin Jamaah Sidang Jum'at Rohimakumullah.

Untuk itu, supaya kita tidak termasuk orang yang merugi, kita berusaha untuk mengerahkan segala kemampuan kita dalam memanfaatkan waktu yang telah diberikan kepada kita dengan sebaik-baiknya, karena Alloh SWT mengecualikan tidak akan menjadi orang yang merugi, jika kita semua mampu memanfaatkannya, lalu dengan cara apa ? 
  1. Beriman kepada Alloh SWT
  2. Beramal Sholeh 
  3. Saling menasehati untuk kebenaran
  4. Saling menasehati untuk kesabaran
Hadirin Rohimakumulloh!

Itulah yang dapat saya sampaikan, dan marilah kita bermunajat kepada Alloh SWT, agar kita selalu diberikan hidayah dan taupik-Nya, serta dimampukan untuk lebih banyak berbuat amal shalih dalam rangka memanfaatkan waktu atau kesempatan yang diberikan kepada kita semua.

Akhir Khutbah " Jangan Sia-siakan Waktu "


Semoga bermanfaat...
Untuk Khutbah juam'at yang kedua silahkan tinggal di sesuaikan saja.
Mohon maaf atas segala kekurangannya, sekali lagi dalam tulisan huruf arabnya , hanya berbentuk gambar.

ditulis : 11 Muharram 1440 H / 22 September 2018
Penulis : Kang Haqie ( Ahmad Baehaqi )





0 Response to "Contoh Materi Khutbah Jum'at Singkat " Jangan Sia-siakan Waktu ""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel