Cara Terbaik Meningkatkan Tumbuh Kembang Kecerdasan Bayi

Cara Terbaik Meningkatkan Tumbuh Kembang Kecerdasan Bayi - Salam Bunda semu, memeiliki bayi menjadi hal terindah bagi kita semua, khususnya ibu muda yang baru mempunyai anak, maka sangat wajar si ibu berusaha semaksimal mungkin dalam rangka untuk menunjang kesehatan bayi dan meningkatkan kecerdasan bayi, terkadang ibu muda mencari cara-cara yang terbaik dalam merespon tumbuh kembang kecerdasan si bayi.

Cara Terbaik Meningkatkan Tumbuh Kembang Kecerdasan Bayi
Perlu Bunda ketahui, berbagai informasi bahwa bayi memiliki 3 masa keemasan dalam tahun pertama usianya, Pertumbuhan otaknya akan mengalami peningkatan yang sangat aktif pada usia emas ini, maka pada usia emas inilah yang menentukan kecerdasannya kelak pada masa sudah dewasa nanti.
Inilah beberapa cara yang menarik bersama si buah hati untuk meningkatkan kecerdasannya.

Berbicaralah dengan Bayi kita dengan Bahasa Yang Baik

Bunda, mengajak bayi berbicara ketika bayi sudah mulai belajar berbicara ini hal yang menyenangkan, dan membahagiakan hati, tapi apakah bunda sadar, ternyata dengan mengajak bayi kita berbicara merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan bayi.
Walau bayi kita belum tentu memahami kata-kata yang kita ucapkan, tapi teruslah ajak bicara, karena motorik otak bayi akan merespon dan lambat laun akan memahami kata perkata yang diucapkan bundanya.

Cara yang baik dalam mengajak bicara bayi kita, adalah dengan cara kita lihat matanya, sehingga bayi lebih focus dan dimasa yang akan datang, bayi yang selalu diajak bicara dengan cara seperti ini, maka kemampuan dalam mengolah bahasa-bahasa yang diutarakan akan lebih baik dibandingkan dengan yang tidak sama sekali diajak bicara.

Perlu bunda perhatikan, dalam berbicara kita harus memakai bahasa yang jelas , intonasi yang baik, karena bayi akan sangat mudah kedepannya dalam menirukannya, jangan sampai bunda yang malah berbicara meniru bahasa bayi.

Berceritalah atau Mendongengkan Bayi

Dalam upaya meningkatkan kemampuan bayi, kita bisa dongengkan kisah-kisah yang baik, kisah-kisah bijaksana, pada waktu-waktu santai, karena si bayi yakin menyukainya, dan pilihlah oleh bunda buku-buku yang menceritakan kisah-kisah orang bijak, dan setelah berangsur lebih menyukai dengan cerita-cerita, bunda bisa mengganti dongeng-dongeng bijaksana, dengan kisah-kisah nyata, seperti kisah para nabi, para sahabat, kisah nabi kita tercinta Rosulullah SAW, itu akan lebih baik, maka si anak akan dibawa pikirannya ke hal-hal yang positif, dan tentunya ini membutuhkan pemahaman yang lebih untuk mengisahkannya, maka bunda sebelumnya bisa baca-baca dulu buku mengenai kisah para nabi, jika sudah dipahami , maka kita bisa menceritakan dengan versi kita sendiri.

Ajaklah Bayi Menyanyi

Bayi yang aktif bila dibawakan nyanyian ia akan mendengarkan dan akan terlihat senang dalam mendengarkannya, maka dalam waktu yang sedang rileks bisa bunda ajak bayi kita menyanyi, atau bersenandung sholawat-sholawat terkini yang mampu meningkatkan kecerdasan si bayi.

Yang paling Unik ternyata dengan bersenangdung pada bayi, hal ini dapat mengurangi stress baik pada bayi ataupun pada ibu bayinya, dan bayi juga akan lebih nyaman bila mendengarkan suara ibunya, karena dia sudah terbiasa dan mengenal suara ibunya semasa dalam kandungan.

Perbanyak Kontak Fisik dengan Bayi

Kontak Fisik ibu dan anak, ini sangat dianjurkan, karena sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si anak nanti, karena dengan sering terjadi kontak fisik, ibu sering memeluknya, memainkan jari jemarinya, memandikannya , itu akan menambah rasa kepercayaan diri mereka pada nantinya, karena selalu ada dalam perhatian bundanya. Ternyata dengan memperbanyak kontak fisik dengan bayi kita, itu efeknya dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

Mengenalkan Jenis Kelamin

Kenalkan gender atau jenis kelamin memang ini merupakan tugas orang tua, agar si kecil mengetahui sejak dini, jangan sampai telat mengenalkannya. kita akan agak kesulitan dalam memberitahukannya.

Oleh Karena itu, peran aktif kedua orang tua sangat mendukung dalam upaya meningkatkan tumbuh kembang kecerdasan bayi.

Berilah Waktu untuk Interaksi di Luar Rumah

Bunda sekalian juga tentunya jika waktu sedang luang, waktu sedang senggang, maka ajaklah bayi kita keluar untuk meningkatkan kecerdasan bayi ini.

Karena dengan dibawa keluar, maka bayi akan memahami waktu yang sedang dijalani adalah waktu yang perlu dipahami karena dengan aktif di luar rumah , si bayi akan lebih menonjol dalam menstimulan otak anak-anak.

Kecerdasan bayi bisa kita upayakan dengan berbagai cara karena setidaknya sebagai manusia hanya wajib berikhtiyar, maka cara-cara diatas sudah pada lumrah sama bunda sekalian sering dipakai, untuk itu kami berpesan , peran serta orang tua dalam upaya mencerdaskan anak, sangatlah penting, dan cara-caranya bisa lebih didalami pada artikel sebelumnya


0 Response to "Cara Terbaik Meningkatkan Tumbuh Kembang Kecerdasan Bayi "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel