17 Manfaat Buah Ciplukan dan Khasiatnya Ampuh untuk Kesehatan

17 Manfaat Buah Ciplukan dan Khasiatnya Ampuh untuk Kesehatan - Diera Digital ini informasi semakin cepat sampai, dan siapa sekarang yang tak mengenal buah ciplukan, dulu memang dipandang sebelah mata, bahkan tidak dihiraukan, akan tetapi pada era sekarang buah ciplukan ini atau orang sunda menyebutnya cecendet sudah dijual di berbagai supermarket dengan harga yang wow juga, ini bukan berarti kebetulan , tapi manfaat dari buah ciplukan ini sudah bukan rahasia lagi, khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan sudah terbukti. Sehingga namanya menjadi sangat populer dan banyak dicari untuk dijadikan alternatife dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

 17 Manfaat Buah Ciplukan dan Khasiatnya Ampuh untuk Kesehatan

Untuk itu Kang Haqie dalam kesempatan ini hanya akan menyampaikan informasi kepada orang yang belum tahu apa dan yang bagaimana buah ciplukan itu, atau kepada yang sudah tahu, tapi belum mengetahui akan segudang manfaat dari buah mungil tersebut. oke kita langsung saja.

Kenali Apa Buah Ciplukan itu ?

Buah Ciplukan adalah buah mungil yang mempunyai nama latin PHYSIALIS PERUVIANA, dan termasuk salah satu tanaman yang tumbuh liar, sehingga banyak ditemukan diberbagai semak, dipematang sawah kebun, namun sekarang ini sudah ada beberapa petani yang mengembangkan dan menjadikan tanaman yang berdaya jual tinggi serta sudah berhasil menjadikan buah ciplukan ini menjadi lebih jumbo pada ukurannya, sungguh luar biasa.

Bentuk buah ini bila kita lihat dari luar seperti kantup bunga, namun jika kita ambil dan dibuka kantupnya, maka akan terlihat buah ciplukan yang bulat dengan warna kuning terang bila sudah matang.

Kandungan Giji Pada Buah Ciplukan

Bila kita ingin mengetahui seberapa besar giji yang terkandung dalam seporsi buah ciplukan ini, kita bisa perhatikan hasil dari penelitian para ahli dibidangnya yang telah meberikan penjelasannya, sebagai berikut :
  • Mengandung 74 kalori dalam 1 Porsi Sajian
  • Protein sebesar 2,7 gram 
  • Terdapat 15,7 gram karbohidrat
  • 21% vitamin C Yang sangat baik bagi Kesehatan
  • Mengandung 14% kebutuhan Vitamin harian
  • Kandungan 28% niasin
  • 5% riboflavin dalm satu sajian
  • 7% vitamin A 
  • Terkandung 8% zat besi dan fosfor
  • Terkadung 6 gram serat
  • Mengandung juga 1 gram lemak
Inilah beberapa kandungan Nutrisi dan Gizi yang terkadung dalam buah ciplukan, yang kesemua kandungannya itu bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Buah Ciplukan

Buah yang tumbuh liar ini, memiliki segudang manfaat, yang bisa dipakai dalam berbagai macam pengobatan, bahkan diera sekarang pengobatan melalui media herbal semakin gencar dilakukan, karena selain mudah didapatkan tanpa efek samping dan terjakangkau, maka dari itu kita harus megetahui, apa saja manfaat dari buah ciplukan. Dintara Manfaatnya adalah :
  • Mengatasi Kurang Darah atau Anemia
Penyebab Anemia bisa jadi kandungan sel darah merah dalam tubuh kita berkurang. Hemoglobin itu sendiri atau sel darah merah merupakan salah satu protein, jika ini berkurang maka yang terjadi adalah rasa lemas, rasa puyeng, berputar kepala mungkin akan terjadi, karena ketidak stabilan sel darah merah yang membawa atau dikirim pada seluruh organ tubuh manusia, nah solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah ciplukan ini, karena kita tahu buah ini mengandung antioksidan yang baik, vitamin hingga mineral  dalam memperbaiki kurangnya haemoglobin dalam tubuh.
  • Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Yang Tinggi
Kolesterol yang tinggi berakibat buruk pada kesehatan bahkan memicu berbagai macam penyakit lainnya, untuk itu ketika anda mengetahui kolesterol anda tinggi maka solusi terbaik, silahkan konsumsi buah ciplukan, bahkan sebagian lain menggunakan daun dari buah ciplukan dengan cara direbus, dan diminum pagi dan malam secara rutin.
  • Mengontrol dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah yang tinggi atau Hipertensi ini jika tidak direspon dengan cepat akibatnya sangat buruk, karena tekanan darah tinggi ini dipicu dengan tekanan darah pada dinding arteri tidak stabil, terkadang akan mengakibatkan Stroke, untuk itu jika memang kita mempunyai riwayat tekanan darah tinggi, solusi, rajin cek tekanan darah, dan benar setelah dicek tekanan sedang tinggi, solusinya  konsumsi buah ciplukan dan daunnya hingga bagian batangnya, dengan cara direbus, dan minum 2 kali sehari secara rutin sampai terasa kepala lebih ringan, badan lebih rilexs.
  • Dapat Mengatasi Gejala Penyakit Parkinson
Penyakit ini ditimbulkan karena danya gangguan sistem syaraf , dan yang lebih parahnya jika tidak cepat dilakukan pencegahan akan menimbulkan tremor atau gerakan yang tidak direncanakan pada salah satu tangan penderita, ini memang salah satu gejala penyakit parkinson, solusi : konsumsi JUS buah ciplukan rutin, dan teratur, maka tremor atau gerakan-gerakan pada salah satu tangan akan teratasi.
  • Mengobati Penyakit Kuning
Kita tahu bahwa penyakit kuning ini biasanya menyerang Bayi, terutama bayi yang baru ahir, pada umumnya, namun tidak menutup kemungkinan menyerang pada orang dewasa, apa penyebab dari penyakit kuning ini, biasanya penyakit ini diakibatkan karena tingginya produksi kadar zat bilirubin dalam darah. Yang pada akhirnya timbullah warna kuning pada beberapa bagian tubuh terutama wajah, Nah kandungan folefenol, Flavonoid, fisalin dalam buah ciplukan diyakini dapat mengatasi penyakit kuning ini.
  • Mencegah Ayan atau Epilepsi
Epilepsi terjadi karena gangguan sistem syaraf pada otak manusia, sehingga menimbulkan kejang dan mengeluarkan busa, terkadang sampai hilang kesadarannya, ini terjadi karena aktifitas otak berlebihan sel Neuron, ini harus dicegah dengan cara apapun, karena kondisi seperti ini akan terus berlangsung, apalagi ada riwayat dari keluarga terdahulu. cara mengatasinya kita gunakan buah ciplukan karena dipercaya dapat menstabilkan sistem syaraf yang aktifitasnya berlebihan, yang cukup kita gunakan daun ciplukan dan buahnya, buahnya 8-10 butir perhari, daun dan batangnya direbus, lalu airnya diminum pagi dan sore.
  • Menurunkan Kadar Gula dalam Tubuh
Hiperglikemia atau Kadar Gula yang tinggi, bisanya terjadi pada orang yang terkena penyakit Diabetes, dan ada penelitian oleh para ahli bahwasanya buah ciplukan dan daun ciplukan mempunyai aktivitas anithiperglikemia yang mampu menurunkan hingga menstabilkan kadar gula dalam tubuh. Buah ciplukan luar biasa karena langsung dapat memengaruhi insulin yang berlebih yang mana insulin ini yang menyebabkan tinggi kadar gula dalam tubuh.
  • Menyadarkan Orang Pingsan
Luar biasa ternyata yang bermanfaat bukan hanya buahnya, namun seluruh bagian dari tanaman ini bermanfaat, sampai dapat menyadarkan orang pingsan, dengan cara, bakar akar tanaman ciplukan ini campurkan dengan kapur sirih dan campurkan sedikit minyak kelapa, lalu oleskan pada kepala orang yang pingsan tadi. maka dengan Izin-Nya orang tersebut akan cepat sadar.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Jika anda mau menjadi orang yang daya tahan tubuhnya kuat, maka boleh lah dicoba untuk mengkonsumsi buah ciplukan secara rutin, dan rasakan hasilnya. Karena kandungan Folifenol yang ada pada buah ciplukan ini menambah daya tahan tubuh lebih prima, selain itu manfaat lainnya yaitu menmbahkan stamina, dikarenakan vitamin C yang terkandung dalam buah ciplukan sangat tinggi, yang jumlahnya mampu memenuhi harian vitamin C . bayangkan saja dalam satu cangkir diperkirakan 140 gram mengandung 15,4 mg vitamin c. tentunya sangat cukup untuk kebutuhan tubuh untuk seharian.
  • Meningkatkan Fungsi Penglihatan pada Mata terlebih Makula
Zat Lutein yang terkandung dalam buah ciplukan, beta karoten, dan karetenoid, mampu menghindari dari penyebab MAKULA, Degenarasi Makula adalah salah satu penyebab kebutaan pada orang yang sudah usia tua. maka silahkan konsumsi buah ciplukan, mata anda akan terjaga dan penglihatan akan kembali normal insya Allah.
  • Mencegah Reumatik dan Nyeri Sendi
Penyakit Nyeri Sendi dan reumatik adalah adek kakak, karena datangnya biasanya berbarengan, dan pada umumnya menyerang pada orang yang sudah tidak muda lagi, dengan merebus batang dan daun Ciplukan ini ternyata dapat mengatasi nyersi sendi dan reumatik, rutinlah dalam mengkonsumsinya sampai sendi benar-benar sembuh.
  • Mengatasi gangguan Saluran Pernapasan
Saluran Pernapasan yang terganggu, mungkin ini diakibatkan dari bakteri yang mengganggu saluran pernapasan seperti TBC, dan ASMA, maka denganrutin mengkonsumsi air rebusan tanaman buah ciplukan ini, bakteri dan asma akan sembuh, karena kandungan senyawa antibakteri dalam tanaman ini mampu menghalau segala jenis bakteri yang mengganggu saluran pernapasan hingga paru-paru pasah juga konon dapat teratasi dengan ramuan daun ciplukan.
  • Obat nati Nyeri dari Penyakit Lupus
Ciplukan juga ternyata mempunyai fungsi Analgesik atau pereda nyeri terutama nyeri akibat penyakit lupus.
  • Mengatasi Infeksi Pada Kulit
Tanaman Ciplukan ini juga mampu mengatasi infeksi pada kulit, seprti ada infeksi pada kulit, maka tanaman ini bisa mengatasinya dengan cara, tumbuk daun ciplukan ini lalu balurkan pada area kulit yang terinfeksi, setelah dirasakan menyerap kepada kulit, maka bilas dengan air steril, maka infeksi itu akan teratasi, juga mampu mengatasi bisul dan infeksi lainnya dengan cara yang sama.
  • Mengobati Penyakit Stroke
Ramuan yang dibuat dari tanaman ciplukan ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit stroke, asalkan jangan konsumsi secara rutin, maka hasilnya akan terasa oleh orang yang stroke, badan dan anggota yang tadinya berat untuk digerakakan perlahan akan terasa ringan.
  • Mengobati Penyakit Kanker Payudara
Tanaman ini juga ternyata dipercaya mampu mengobati kanker payudara, kanker ini merupakan salah satu kanker ganas, yang menyerang manusia khususnya kaum wanita, dan tidak sedikit korban jiwa akibat penyakit ini, maka diantara solusi memakai pengobatan untuk kanker payudara ini dengan cara merebus daun ciplukan, lalu angkat dan tumbuk dengan campuran beras yang sudah disangrai, setelah lembut, balurkan ke area payudara yang ada benjolan akibat kanker tersebut, dengan izin-Nya maka akan sembuh sedia kala.
  • Mengobatai Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan terjadi akibat iritasi pada area tenggorokan yang akhirnya menimbulkan gatal serta nyeri, bahkan paling parang tidak bisa menelan makanan akibat nyeri tersebut, solusinya komsumsi air rebusan daun ciplukan secara teratur, maka radang akan perlahan kempis dan nyerinya pu akan hilang perlahan.

Itulah bebarapa Manfaat buah ciplukan, yang mana sebenarnya yang dimanfaatkan bukan hanya buahnya saja melakinan seleuruh bagian dari tanaman ciplukan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Terima kasih, selamat beraktifitas kembali.

0 Response to "17 Manfaat Buah Ciplukan dan Khasiatnya Ampuh untuk Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel